Mengenali Tahapan Perkembangan dan Peningkatan Janin 7 Bulan

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 4:24 AM -
  • 0 comments
Memasuki trimester ketiga bunda harus meningkatkan lagi persiapan keperluan sikecil. Tapi jangan sampai terlena ya Bun!, demi kebaikan si kecil Bunda tetap harus memperhatikan tahap perkembangan bayi 7 bulan dalam kandungan. Karena setiap minggunya bayi akan semakin tumbuh dan berkembang sampai masa melahirkan. Semoga bisa membantu pada artikel ini saya akan membagikan pengetahuan seperti apa perkembangan bayi pada janin usia 7 bulan.

Beberapa tahapan perkembangan janin 7 bulan semoga bisa membantu pertanyaan bunda.

Menurut The Bump, seorang ahli tahap perkembangan janin 7 bulan dari minggu ke minggu dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Minggu kebaikan ke-29

Pada minggu ke-29 janin memiliki berat 1135 gram dengan panjang sekitar 38,6 cm pergerakan janin juga semakin aktif, bunda bahkan bisa merasakan pergerakannya sekitar 10 kali dalam waktu 2 jam.

Minggu kebaikan ke-30

Di minggu ke-30 berat bayi akan semakin terlihat perkembangannya sekitar 1315 gram dengan panjang 39-40 cm. Kulit janin semakin halus dan Ia semakin kuat menggenggam satu jarinya di dalam kandungan. Namun bunda mungkin akan sedikit mengalami kesulitan untuk memposisikan tubuh ketika tidur dengan nyaman. 

Minggu kebaikan ke-31

Perkembangan janin 7 bulan yang baik di minggu ke-31 ini sudah seberat 1496 gram dengan panjang sekitar 41 cm. Indera penglihatan semakin berkembang, janin juga sudah bisa membuka mata dan dapat merespon cahaya dari luar perut bunda.

Minggu kebaikan ke-32

Di usia 32 minggu, janin memiliki berat 1723 gram dan panjang kira-kira 42 cm atau seukuran labu kecil. Semakin tidak sabar ya bunda menanti kelahiran si kecil!

Di beberapa daerah biasanya suka diadakan syukuran, Hal itu dimaksudkan untuk mendoakan janin dan ibunya agar tetap sehat dan lancar ketika persalinan. Selain melantunkan doa, bunda juga harus memperhatikan hal-hal di bawah ini untuk menjaga kandungan tetap sehat dan kuat sampai persalinan.

Menjaga sikecil di mulai dari hal spele saat berjalan bunda harus mulai teliti

Ketika memasuki trimester ketiga berat badan janin dan bunda akan semakin meningkat. Saat melakukan aktivitas atau berjalan bunda harus memperhatikan keseimbangan tubuh.

Bunda harus mulai mengatur pola makan sehat saat usia kandungan 7 bulan.  Pentingnya memperhatikan kadar gula dalam tubuh untuk mempermudah ketika melahirkan

Pada usia kehamilan 24-27 minggu, bunda bisa saja mengalami kenaikan gula darah yang efeknya bisa sampai ke minggu 29-32. Meski kemungkinan hanya 4% ibu hamil di dunia mengalami diabetes bunda harus tetap menjaga kesehatan tubuh dengan mulai berolahraga, mengontrol berat badan dan kurangi makanan berserat.

Rutin memeriksa kehamilan untuk memeriksa kondisi bayi

Untuk menghindari janin lahir prematur, bunda bisa memulainya dengan rajin konsultasi dengan dokter kandungan ataupun bidan.

Menjaga berat badan

Di usia kehamilan 7 bulan, bunda akan semakin lahap menyantap makanan. Jika tidak dikontrol dengan baik tentunya bunda bisa mengalami kenaikan berat badan. Kenaikan berat badan ini bisa mengganggu proses persalinan loh Bun! Selain itu juga bisa menyebabkan sesak nafas. Untuk itu sebaiknya bunda mengurangi makanan yang kaya karbohidrat dan memperbanyak makanan kaya protein.

Mempersiapkan keperluan si kecil boleh-boleh saja Bun, tapi juga harus memperhatikan perkembangan bayi 7 bulan dalam kandungan Bunda ya!.

Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: