Perkembangan Stimulasi yang Baik untuk Bayi 8 Bulan

  • Posted by Bidan Sela | Puput Sela Soraya
  • at 8:00 AM -
  • 0 comments
Bagi seorang bunda, pasti menyenangkan sekali rasanya mengikuti tumbuh kembang sang buah hati. Mulai sejak dia masih dalam kandungan, lahir, kemudian terus tumbuh dan berkembang hingga besar. Bunda dapat melakukan stimulasi tertentu untuk perkembangan bayi sesuai dengan usianya. Berikut ini stimulasi yang dapat Bunda berikan untuk perkembangan bayi 8 bulan.


Perkembangan Bayi 8 Bulan Sudah Bisa Apa Saja Ya?

Di usia ini, berat badan bayi laki-laki umumnya sekitar 7-10,5 kg dan panjang 66,5-74,7 cm. Sedangkan berat badan bayi perempuan sekitar 6,3-10 kilogram dan panjang sekitar 64,3-73,2 cm. Lalu perkembangan bayi 8 bulan sudah bisa apa saja?

Keterampilan sosial yang baik

Memasuki usia 8 bulan, bayi biasanya mulai dapat meniru apa yang orang dewasa lakukan. Walaupun belum dengan baik pada kegiatan sederhana, seperti menyisir, minum dari gelas, atau pura-pura bicara di telepon.

Perkembangan penglihatannya semakin baik, sehingga bayi mulai bisa mengenali wajah orang terdekatnya dari jarak cukup jauh. Dia juga mulai mengenal rasa takut sekaligus penasaran pada sesuatu yang baru, misalnya dering telepon, mainan baru, atau suara musik.

Keterampilan motorik yang baik

Pada usia 7 bulan, seorang bayi biasanya sudah mulai belajar merangkak. Sedangkan di usia ini, dengan bantuan kedua tangan dan lututnya, perlahan bayi mulai belajar mengangkat tubuh. Bayi juga mulai belajar menggerakkan tubuhnya secara perlahan dan sudah bisa berdiri dengan berpegangan.

Ia akan semakin aktif menggerakkan mainannya dengan cara-cara, seperti memukul, membanting, atau menjatuhkan. Bunda juga dapat memberikannya mainan yang berbentuk serupa dengan benda asli, seperti telepon mainan atau buah-buahan mainan. Selain itu, di usia ini bayi juga mulai bisa menggenggam dan menyantap makanan dengan tangannya. 

Keterampilan berbicara yang baik

Bunda pasti senang karena sekarang si kecil sudah bisa memberikan respon, terutama pada kata yang sering didengar. Bahkan dia juga mulai bisa mengucap beberapa kata sederhana, seperti mama, papa, iya, tidak, dan sebagainya. Karena sudah mulai bisa berbicara, bunda bisa ajarkan si bayi untuk mengenal anggota tubuh atau benda-benda di sekitarnya.

Stimulasi untuk Perkembangan Bayi 8 Bulan

Berikut beberapa stimulus yang dapat Anda berikan untuk mengoptimalkan tumbuh kembang bayi di usia 8 bulan.

Mengajak Berbicara dengan baik

Stimulasi ini berkaitan dengan keterampilan berbicara dari si kecil. Bunda bisa membicarakan apa saja dengannya. Salah satunya membacakan dongeng yang singkat dan sederhana. Bisa juga dengan mulai mengenalkan bagian tubuh, warna, atau nama benda di sekitarnya. Dengan begitu, perlahan kosa kata yang dikuasai anak akan semakin banyak dan menunjang keterampilannya berbicara.

Memberikan mainan dengan baik

Untuk menstimulus bayi agar semakin semangat untuk bergerak, Bunda bisa membelikannya mainan. Sebagai contoh, belikan bola. Jika bola tersebut digelindingkan, akan bisa menarik si bayi untuk mengejarnya. Secara otomatis, ini akan melatih kelincahannya dalam bergerak.

Mengajak bermain air dengan sikap yang bahagia

Saat mandi juga bisa menjadi saat bermain dengan bayi loh, bunda. Bunda bisa memberikan mainan ketika bayi berendam agar dia berusaha mengambilnya. Kabarnya, aktivitas seperti ini dapat melatih koordinasi tangan, mata, dan motorik si anak.

Mengajak melihat kaca 

Di usia ini, bayi biasanya mulai penasaran dengan berbagai hal baru. Maka dia mulai suka melempar, memukul, hingga menjatuhkan mainan. Sesekali Bunda bisa mengajak bayi untuk berada di depan kaca. Pantulan dirinya sendiri tentu akan membuat si anak penasaran.  

Membuatkan Finger Food yang baik

Karena sudah memiliki kemampuan untuk menggenggam sesuatu, Bunda mulai bisa mengajarkan anak makan sendiri dengan membuat finger food. Misalnya, memberikan wortel yang telah diolah yang ukurannya disesuaikan dengan tangannya.
Demikian Bunda beberapa stimulasi yang dapat diberikan untuk perkembangan bayi 8 bulan. Semoga bermanfaat ya Bunda.

Meta deskripsi:

Bayi Bunda sudah memasuki usia 8 bulan? Berikan stimulasi berikut ini untuk mengoptimalkan perkembangan bayi 8 bulan ya, Bunda.
Gambar: https://image.freepik.com/free-photo/girl-playing-with-cute-baby_23-2147711873.jpg


Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: