-->

Ketahui Janin 2 Minggu Apakah Sudah Bernyawa? dan Perkembangannya

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 3:43 AM -
  • 0 comments
Banyak pertanyaan apakah janin di usia ini sudah bernyawa dan hidup? maka alangkah baiknya bunda memahami cara menjaga perkembangan janin 2 bulan. Selain mendengarkan penjelasan dokter saat Bunda memeriksakan kandungan artikel ini juga sebagai pengtahuan untuk Bunda.

Ini dia perkembangan bayi 2 bulan yang harus bunda tahu

Janin mengalami penyempurnaan organ-organ penting dalam tubuhnya. Misalnya organ pernapasan seperti tenggorokan dan paru-paru organ-organ tersebut sudah terbentuk, dan janin sudah mulai belajar bernapas dengan menghirup cairan ketubannya.

Pada saat perkembangan inilah yang akan Bunda alami yaitu morning sickness akut. Morning sickness adalah pertanda bagus karena menjadi indikasi bahwa janin dalam perut Bunda tengah mengalami perkembangan.

Pada saat ini bunda wajib berbahagia karena kelopak mata dan hidung sudah mulai terlihat dengan panjang tubuh bayi sekitar 1,6 cm, sangat lucu kan?

Selain hitung dan kelopak mata tulang juga telah tumbuh, jari tangan dan jari kaki juga sudah mulai terlihat dan mulai pada tahap penyempurnaan.

Dari hari ke hari, perkembangan janin akan semakin baik. Setidaknya, dalam setiap minggu perkembangannya, ada saja yang berubah hingga bentuk janin benar-benar sempurna.

Cara mengatasi gangguan ngidam


Ngidam yang umumnya terjadi pada masa awal kehamilan adalah mual dan sensitif terhadap bau tertentu. Untuk mengatasinya, Bunda bisa makan dengan porsi kecil namun sering untuk asupan gizi bayi. Bunda juga harus memperbanyak minum air putih dan melakukan aktivitas ringan.

Mengendalikan kondisi emosional


Mood selama masa kehamilan memang sering kali buruk dan mudah berubah. Rasa cemas kadang-kadang datang. Itu sebabnya, minta dukungan pada keluarga dan terus mengontrol diri adalah jalan terbaik. Yakinkan diri Bunda, bahwa masa kehamilan adalah kenangan indah yang harus dinikmati dengan sebenar-benarnya.

Waspadai tanda-tanda bahaya kehamilan


Hal-hal yang harus diwaspadai saat Bunda hamil adalah pendaharan yang disertai rasa sakit pada bagian perut bawah. Bunda juga harus mewaspadai saat cairan vagina mengalami perubahan pada warna dan bau. Mual dan muntah yang umumnya dialami perempuan hamil, bisa dikonsultasikan kepada dokter jika diiringi dengan deman atau detak jantung yang tidak beraturan.

Lakukan pemeriksaan secara rutin


Mengunjungi pusat kesehatan atau bidan secara rutin sangat diperlukan. Lebih-lebih untuk mengetahui perkembangan janin dan melihat kondisinya. Karena itu, sebaiknya Bunda tidak menganggap hal ini remeh. Semoga bermanfaat bagi Bunda.

Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: