Stimulus yang Bagus Cara Merangsang Fisik Motorik Perkembangan Bayi 6 Bulan

Bayi usia 6 bulan biasanya terlihat lebih lucu dan menggemaskan. Karena di umur tersebut ia mulai bergerak untuk belajar banyak hal. Maka dari itu, untuk merangsang perkembangan fisik motorik bayi diperlukan stimulus yang bagus.

Perkembangan bayi 6 bulan dan stimulusinya harus diketahui oleh Bunda. Karena hal inilah yang menjadi penentu, apakah fisik motorik, baik motorik maupun motorik halus si kecil terbentuk dengan sempurna. Berikut, Kami kupas cara merangsang (stimulasi) fisik motorik bayi. Namun sebelumnya, perlu dijelaskan pula pengertian fisik motorik.

Pengertian untuk kemampuan Motorik bayi


Motorik bayi adalah kemampuan bayi dalam melakukan gerakan yang menggunakan otot besar sebagai alat tumpuan. Bisa juga dikatakan sebagai kemampuan si kecil dalam beraktivitas yang bertumpu pada seluruh berat tubuhnya.

Contoh bagus kemampuan motorik bayi usia 6 bulan adalah duduk tanpa bersandar, berguling tanpa dibantu, bisa menoleh, mengunyah serta mampu menelan makanan.

Pengertian Motorik Halus


Pengertian motorik halus adalah kemampuan bayi ketika melakukan gerakan dengan menggunakan otot-otot kecil. Seperti otot mata, tangan, kaki, kemampuan otak dan konsentrasi,atau kolaborasi di antara keduanya.

Cara Baik Merangsang Fisik Motorik Bayi


Jika bayi sudah mencapai usia 6 bulan, Bunda harus aktif melatih fisiknya dengan stimulus terbaik. Berikut tips merangsang perkembangan fisik motorik bayi, yaitu:

Merangsang respon Motorik


Merangsang respon motorik bayi tidak boleh sembarangan. Stimulus yang dipilih harus tepat dan aman. Berikut beberapa cara yang bisa dicoba oleh Bunda yaitu:


  • Untuk Merangsang Kemampuan Berguling


Stimulasi untuk merangsang kemampuan berguling adalah menggunakan mainan bola dan yang sejenisnya.


  • Melatih Otot Leher


Cara merangsang dan membangun kekuatan otot lehernya adalah dengan menelungkupkan anak di kasur. Setelah itu, perlihatkan mainan tepat di atas kepalanya agar bayi belajar mendongakan kepala hal ini untuk meningkatkan kekuatan lehernya.


  • Stimulus yang Baik Untuk Mengunyah dan Menelan


Stimulus untuk meningkatkan kemampuan motorik bayi usia 6 bulan memberikan latihan mengunyah dan menelan. Kemampuan ini penting, karena menjamin kesehatan bayi.
Salah satu cara meningkatkan terkait fisik motorik pada bayi usia 6 bulan adalah mulai diperkenalkan dengan makanan. Salah satunya adalah bubur halus. Bisa juga dengan diberikan biskuit yang lunak dan sehat.

Merangsang Motorik Halus



  • Stimulus Koordinasi Mata dan Tangan


Untuk menstimulus kemampuan koordinasi mata dan tangan, Bunda bisa menggunakan benda yang bisa dipegang dan aman lalu letakan di depan bayi.


  • Stimulus Otot Kecil dan Konsentrasi


Untuk melatih konsentrasi, beri bayi mainan sendok dari plastik dan pasir. untuk test yang baik Bunda bisa mengambil pasir menggunakan sendok lalu tuang ke wadah.

Sedangkan untuk merangsang konsentrasi dan otot kecil, ajak bayi bermain menyusun balok dan puzzle.
Dalam merangsang perkembangan fisik motorik bayi harus dilakukan dengan telaten dan sabar.



Comments