-->

Proses dan Menikmati Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 12:50 AM -
  • 0 comments
Kemampuan si kecil pada usia ini mulai terlihat lebih aktif dan merespon sesuatu hal yang Bunda tunjukan kepadanya. Beberapa perubahan dan kemampuannya, kami bahas pada ualasan selengkapnya berikut ini:

Bayi Semakin Pintar Berguling-guling


Kemampuan si kecil seperti ini adalah hal yang menyenangkan untuk dilakukan setiap kali ia turun dari gendongan. Namun, Bunda tetap harus lebih waspada jika ia berguling di atas tempat tidur.

Bayi Mulai Pintar Mencari Perhatian Bunda


Selain kemampuannya yang sudah aktif berguling-guling, di usianya tersebut pun si kecil mulai pintar mencari perhatian ibunya. 


Adanya Perubahan Warna Tinja


Hal ini dipengaruhi oleh asupan makanan padat pertamanya disamping ASI. Jika ini terjadi pada si kecil Bunda tetap harus memperhatikan konsistensinya.

Maka Bunda perlu secepatnya mengganti MPASI yang biasa diberikan pada si kecil dengan makanan yang teksturnya lebih lembut, seperti beberapa jenis sayuran dan buah-buahan yang sekiranya mudah dicerna.

Cara Menstimulasi Bayi 6 Bulan


Perkembangan bayi 6 bulan dan stimulasinya wajib Bunda pahami agar perkembagan buah hati lebih optimal. Berikut beberapa stimulasi yang bisa Bunda ajarkan kepadanya:

Melatih Kemampuan Bayi Melakukan Gerakan Duduk


Ajarkan si kecil agar bisa duduk sempurna. Bantu ia untuk melakukan gerakan kasar, mulai dari memposisikan badannya agar bisa duduk sendiri. Sediakan kursi dan dudukkan si kecil dengan posisi tegak menyandar pada bagian belakang kursi.

Sesekali Bunda coba dudukkan si kecil di lantai dengan alas yang lembut sambil dipegang badannya agar tidak terguling.

Melatih Kemampuan Bayi Melakukan Grakan Halus


Mengambil benda berukuran kecil


Simpan potongan biskuit di hadapannya dan lakukan beberapa gerakan untuk menarik perhatian si kecil agar ia merespon untuk belajar mengambilnya. Jika kemampuan ini sudah terlatih dan si kecil mampu melakukannya, maka Bunda perlu menjauhkan benda-benda tajam dan berbagai jenis obat-obatan dari jangkauannya.

Makan sendiri


Ketika si kecil sudah pintar memegang benda-benda kecil, seperti halnya biskuit tadi, selanjutnya Bunda harus memberikan kesempatan untuk ia makan sendiri. Meskipun ia tidak bisa makan biskuit dengan cara yang seharusnya, tetapi hal ini merupakan cara menstimulasi yang perlu Bunda ajarkan kepada si kecil sejak dini. Dengan mengoptimalkan stimulasi tersebut, diharapkan perkembangan bayi 6 bulan dapat berjalan lebih optimal.

Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: