Mengenal Lebih Dekat, Perkembangan Bayi 8 Bulan

Ketika si kecil berusia 8 bulan, ia semakin aktif dan pintar bermain, pastinya Bunda merasa senang, bukan? Tapi, tahukah Bunda, perkembangan bayi 8 bulan bisa apa saja? Apakah Bunda yakin, perkembangan bayi 8 bulan normal? Untuk menjawab kehawatiran yang Bunda rasakan sekarang, kami akan coba jelaskan di sini.

Perkembangan Bayi 8 Bulan

Apakah Bunda sudah tahu, apa itu Parmanence atau Object Parmanence yang dimaksudkan?

Parmanence atau Object Parmanence

Pada usia berapa, bayi yang sudah memiliki kemampuan Object Paramence?
Umumnya kemampuan tersebut akan dimiliki oleh bayi yang berusia 8-9 bulan. Saat itulah perkembangan otaknya mulai meningkat dari hari ke hari. Di usia inilah, kemampuan Object Paramence mulai terbentuk. Untuk itu, Bunda harus lebih sering menstimulasi otaknya dengan hal-hal yang bersifat edukasi.

Cara mengenal lebih dekat, tanda-tanda si kecil sudah memiliki
kemampuan Object Paramence

Bunda pun harus tahu, apakah si kecil sudah memiliki kemampuan tersebut atau malah sebaliknya? Lalu, bagaimana cara mengetahuinya? Bunda harus lebih dulu mengetahui tanda-tandanya. Seperti, adanya respon cepat untuk mencari kearah kiri dan kanan ketika benda yang dimainkannya hilang. Itu adalah salah satu tanda si kecil sudah memiliki kemampuan Object Paramence.

Cara mengoptimalkan kemampuan Paramence atau Object

Paramence

Yaitu dengan cara mengajaknya bermain setiap hari. Cobalah dengan permainan yang sederhana, seperti menyembunyikan benda yang sedang dimainkannya, lalu ajak ia untuk mencari mainan tersebut.

Perkembangan Motorik Bayi Usia 8 Bulan

Kemampuannya sudah mulai berkembang seiring semakin kuatnya otot-otot tangan, kaki, punggung, dan pantat. Dua bulan sebelumnya, yakni pada usia 6 bulan, ia masih dalam tahapan belajar merangkak. Tetapi, pada usia 8 bulan ini bayi sudah pintar merangkak.


Tidak lama lagi ia pun sedikit demi sedikit belajar berdiri sambil berpegangan pada sesuatu yang ada disekitarnya. Pada fase ini, Bunda harus lebih ekstra dalam mengawasi setiap gerak gerik si kecil .

Perkembangan Kognitif Bayi Usia 8 Bulan

Coba Bunda memerhatikan anak tertawa saat bermain. Berarti si kecil sudah masuk pada tahap perkembangan kognitif. Si kecil pun mulai paham adanya konsep sebab akibat meskipun tanpa disadarinya.

Perkembangan Bahasa Bayi Usia 8 Bulan

Si kecil lebih sering mengoceh dengan mengungkapkan beberapa kata. Kelucuannya semakin memuncak, dikala si kecil mulai merespon gerakkan ketika Bunda menyuruhnya. Misal, Bunda bilang “da-da Sayang”, maka si kecil akan merespon gerakkan dengan melambaikan sebelah tangannya. Lucu sekali, bukan?
Untuk mengoptimalkan perkembanganya, luangkan waktu beberapa saat untuk dapat memberikan stimulasi agar si kecil lebih kreatif, pintar, dan cepat tanggap.


https://image.freepik.com/free-photo/cute-blonde-baby-white-bed-with-teddy-bear_23-2147983468.jpg

Comments