-->

4 Perkembangan Bayi 5 Bulan Dalam Kandungan, Bunda Wajib Tahu!

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 12:54 AM -
  • 0 comments
Bukan hanya Bunda yang mengalami perubahan fisik. Di usia 5 bulan, janin pun mengalami perubahan dalam perkembangan fisik serta kemampuannya. Salah satu yang paling mencolok dari perkembangan bayi 5 bulan dalam kandungan yaitu kemampuan janin untuk bergerak, serta indera pendengaran yang mulai berfungsi. Nah, Bunda wajib tahu perkembangan lain juga terjadi pada janin 5 bulan setiap minggunya.

Janin 5 Bulan pada Minggu ke-21

Perkembangan janin yang terjadi pada minggu pertama di usia 5 bulan yaitu janin memiliki panjang serta berat yang bertambah. Yaitu 26 cm, dengan berat sekitar 340 gram. Jika didefinisikan dalam bentuk, kira-kira ukuran janin tersebut sebesar wortel. Ukuran ini memang belum terlalu besar, namun pada tahap ini organ tubuh janin perlahan telah terbentuk mendekati sempurna.

Sumsum tulang mulai berkontribusi dalam pembentukan sel darah. Organ pencernaan dan pankreas berkembang semakin matang. Organ vital janin mulai terbentuk.

Meskipun belum berfungsi sempurna, paru-paru janin pun mulai berlatih bernafas dengan cara mengambil oksigen dari plasentaa Bunda. Mata dan bibir janin pun sudah terbentuk semakin sempurna. Di usia ini, bahkan mata janin sudah bisa dikedipkan.

Janin 5 Bulan pada Minggu ke-22

Yaitu sekitar 27 cm, dan berat kira-kira 453 gram. Tidak hanya dalam segi fisik saja, tetapi perkembangan juga meningkat dalam segi kemampuan.

Pertama untuk fisik. Pada tahap ini, semakin jelas bentuk bibir, kelopak mata serta alis janin. Indera pengecap telah berfungsi. Telah terbentuk otak dan syaraf janin, dan perkembangan organ reproduksi janin pun telah sampai pada munculnya testis jika janin laki-laki. Rahim serta ovarium juga muncul jika bayi perempuan.
Adapun untuk perkembangan kemampuan, di minggu ke-22 ini, janin telah mampu merasakan sentuhan dari luar kandungan.

Janin 5 Bulan pada Minggu ke-23

Berbeda dengan minggu-minggu sebelumnya, di usia kandungan 5 bulan pada minggu ke-23 ini berat janin mencapai 500 gram, dengan panjang kira-kira 28 cm. Pada tahap ini, perkembangan janin telah banyak mengalami penyempurnaan. Gerakan janin di usia ini cukup aktif. Hal itulah yang membuat Bunda mulai bisa merasakan gerakan tersebut dari luar,
Tidak hanya itu, pada tahap ini janin juga mulai bisa bernapas dengan baik. Hal itu karena, paru-paru pada janin telah mampu mengembang sehingga janin mendapatkan oksigen.

Janin 5 Bulan pada Minggu ke-24

Semakin bertambah, di minggu ke 24, perkembangan bayi 5 bulan dalam kandungan memiliki panjang 30 cm dengan berat sekitar 600 gram. Perkembangan ini juga diikuti perkembangan lain. Bagian dalam telinga janin juga telah mampu mengontrol keseimbangan tubuh, sehingga janin mampu mengetahui posisinya dalam perut Bunda.

Kemampuan ini, umumnya juga akan membuat janin mampu bergerak-gerak dan memilih posisi paling nyaman dalam perut Anda. Pada tahap ini, janin juga mulai belajar berinteraksi melalui sentuhan atau gerakan-gerakan kecil yang janin lakukan pada perut Anda.
Demikian 4 perkembangan bayi 5 bulan dalam kandungan setiap minggunya.

Author

Bidan sela perkembangan bayi

Bidan Sela

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: