Ragam Perkembangan Bayi Usia 9 Bulan yang Harus Bunda Pahami

Perkembangan bayi dari bulan ke bulan memang selalu menakjubkan para orang tua. Hal-hal ini tentu sayang untuk dilewatkan baik bunda maupun ayah. Saat perkembangan bayi 9 bulan ke atas akan ada banyak kemampuan baru si bayi yang tentu membuat Bunda semakin terpukau.

Tentu saja Bunda harus mengetahui apa saja yang sebenarnya dapat dilakukan bayi di usia 9 bulan untuk mengetahui sejauh apa perkembangan dari anak Bunda. Untuk itu kali ini akan disajikan beragam informasi perkembangan bayi 9 bulan, dijamin bikin takjub Bunda nantinya.

Bayi 9 Bulan Dapat Melakukan Apa Saja?

Setiap bayi memiliki skema perkembangannya sendiri-sendiri. Namun, memang secara umum bayi dapat dipeta-petakan menurut dengan tahapan usia kelahiran. Pada usia 9 bulan ini sudah banyak kegiatan yang dapat dilakukan si bayi. Kemampuannya pun mulai berkembang pesat, seperti beberapa kemampuan di bawah ini.

Gerakan Motorik Mulai Dapat Dilakukan dengan Baik
Pada usia 9 bulan kemampuan motorik bayi mulai berkembang dengan pesat. Di usia inilah bayi sudah dapat bergerak aktif. Kemampuan mobilitasnya pun mningkat. Ia sudah mulai belajar untuk berdiri, merangkak serta melakukan penjelajahan terhadap lingkunan tempat dia berada. Jadi Bunda jangan heran kalau pada usia segini bayi akan aktif-aktifnya bergerak.

Pada usia 9 bulan ini bayi juga sudah mulai dapat melakukan beberapa gerakan motorik seperti memindahkan benda dari satu tangan menuju ke tangan yang lain dengan lebih ahli. Ia juga dapat mulai melakukan perpindahan posisi dengan lebih cepat dibanding bulan-bulan sebelumnya.

Mulai Memahami Kata-kata

Selain kemampuan motoriknya yang meningkat, pada usia ini kemampuan bicaranya juga berkembang pesat. Seperti halnya ia mulai memahami berbagai pertanyaan yang ditujukan kepadanya. Contoh paling sederhana adalah dengan mulai memahami ‘identitas’ nama yang dimilikinya.

Akan tetapi konteks tentang kata sudah mulai dapat dipahami bayi yang masuk pada usia ini. Jadi Bunda jangan ragu-ragu untuk mulai mengobrol dengan bayi pada usia ini ya.

Kognitif yang Mulai Berkembang

Kemampuan kognitif bayi di usia 9 bulan juga turut berkembang cukup pesat. Kemampuan ini sebenarnya mulai hadir di usia 6 bulan akan tetap menguat seiring dengan berjalannya waktu hingga nanti berusia 12 bulan.

Selanjutnya ia juga dapat mulai mengarahkan pandangan serta kepala menuju ke sumber suara yang membuatnya penasaran. Respon suara memang sudah dapat dikenali oleh bayi pada usia ini.

Mulai Bisa Bersosialisasi

Pada usia ini Bunda juga sebaiknya mulai mengajak bayi ‘bersosialisasi’ misalnya dengan mengajaknya bercanda atau tertawa.
Di sisi lain ia juga sudah mulai dapat merespon rasa nyaman yang dihadirkan dari orang-orang terdekat yang ia rasa familiar. Bahkan ia mulai dapat melakukan beberapa tindakan seperti membagikan makanan atau beberapa tindakan interaksi lainnya.

Mampu Menanggapi Perintah dan Pertanyaan

Ketika berusia 9 bulan kemampuan bayi untuk menanggapi perintah dan pertanyaan pun sudah dapat berkembang dengan baik.
Perkembangan bayi dari bulan ke bulan memang selalu menakjubkan. Tentu ini akan membuat para orang tua menjadi takjub akan kemampuan baru yang dimiliki anaknya. Tak ada salahnya belajar lebih lanjut mengenai perkembangan bayi 9 bulan guna memahami hal baru apa saja yang dapat diperoleh dari bayi tiap bulannya.

Comments

  1. Assalamualikum bun. semoga sehat selalu ya bun. bunda bolehkah saya menjadi teman blog bunda? dengan menjadi patner link di home page bunda? karena saya memiliki blog yang setema (kehamilan) dengan bunda?

    ReplyDelete
  2. kalau di home page sepertinya belum bisa bun, kalau di salah satu postingan boleh

    ReplyDelete

Post a Comment