Perkembangan Bagus Pada Fisik Bayi Usia 6 Bulan

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 3:38 AM -
  • 0 comments
Pada usia 6 bulan, biasanya kemampuan fisik bayi sudah bagus. Bahkan, Dia sudah mampu melakukan gerakan-gerakan secara mandiri.
Yang perlu diketahui oleh Bunda selanjutnya adalah perkembangan bayi 6 bulan, bisa apa saja? Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut beberapa kemampuan fisik bayi yang didasari oleh tumbuh kembangnya di usia yang ke 6 bulan, yaitu:

1. Tangan dan Jari Bisa Memegang


Kemampuan fisik pertama adalah, bayi usia 6 bulan sudah bisa menggerakkan tangan serta jari-jemarinya. Sekalipun tidak sempurna, tetapi posisi tangan dan jari ketika memegang sudah semakin baik.
Di masa ini, si kecil akan terus meningkatkan kemampuannya. Ia tidak akan berhenti meraih barang-barang yang ada di dekatnya.
Jika Bunda ingin membuktikannya, ketika bunda memberikan bola pada si kecil maka respon yang akan di berikannya akan sangat baik. Dia pasti mencoba mengambil dan memegang bolanya. Cara lainnya adalah silakan dekatkan wajah Bunda ke tangan si kecil dia pasti mencoba untuk menyentuh dan mengelus dengan menggunakan jari-jarinya.

2. Bayi Bisa Duduk dengan Kokoh


Pada usia 6 bulan, punggung bayi sudah terbentuk dengan kokoh. Makanya di umur ini, ia sudah bisa duduk sekalipun tanpa bersandar.
Selain itu, di usia tersebut, bayi sudah mampu merespon suara yang didengarnya. Coba bunda panggil namanya si kecil pasti menoleh mencari asal suara.

3. Mulai Belajar Merangkak


Kebahagiaan memiliki bayi pada usia ini adalah saat paling menggemaskan. Karena di umur tersebut, kemampuan fisik si kecil sudah banyak, salah satunya adalah mulai belajar merangkak.
Jika tahapan perkembangan bayi 6 bulan ini sedang dialaminya, perbanyak interaksi Bunda dengan mengajaknya bermain. Caranya ialah lemparkan bola agak jauh dari jangkauannya. Tentu si kecil akan menangkap untuk mengambil bola tersebut.
Pada kondisi ini, si bayi mulai belajar untuk menguatkan otot dan sendi. Karena setelah mahir merangkak, tahapan selanjutnya adalah belajar berjalan dan berpindah tempat.

4. Bayi Sudah Mampu Berguling


Jika bayi baru berusia 6 bulan sudah berguling, itu hal yang sangat bagus. Disanalah bayi 6 bulan sudah mulai memperkuat otot, sendi dan tulangnya.

6. Menambah Bobot Tubuh


Jika ada yang bertanya kepada Bunda tentang perkembangan bayi 6 bulan bisa apa? Jawab saja kalau si kecil bisa melakukan semua yang berhubungan dengan aktivitas fisik. Karena di usia itu, berat dan tinggi bayi sudah cukup baik. Bahkan ukurannya bisa mencapai dua kali lipat dari sejak bayi dilahirkan.

Tinggi pertumbuhan bayi perbulan adalah 1 sampai ½ cm saja.
Bisa dikatakan perkembangan bayi 6 bulan adalah pertumbuhan fisik bayi yang terakhir. Karena setelah itu, ia tinggal menerapkannya dengan berjalan. Dari sejak itu pula, akan bermunculan kemampuan-kemampuan lain seperti bergumam dan memanggil “nama”. Atas dasar itulah, perkembangan anak usia 6 bulan, benar-benar dinanti oleh para orang tua.

Bagi Bunda yang memiliki anak sudah berusia 6 bulan, tingkatkan latihan fisiknya. Berikan stimulus yang sesuai termasuk mengajaknya bermain dengan rutin. Karena itulah, syarat kemampuan fisik bayi semakin terasah.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: