Inilah Perkembangan Bayi 1 Bulan Setelah Lahir yang Membuat Bunda Bahagia

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 8:34 PM -
  • 0 comments
Selamat Bunda! Kini buah hati anda sudah berusia 1 bulan. Nah, berikut artikel perkembangan bayi 1 bulan setelah lahir yang harus Bunda ketahui.

Perkembangan Bayi Beberapa Minggu Hingga Satu Bulan
Dua tiga minggu pasca dilahirkan, biasanya seorang bayi sudah memiliki kemampuan yang disebut perkembangan awal yang baik. Berikut ini, beberapa kemampuan tersebut yang bisa dipelajari oleh Bunda, yaitu:

1. Mengenali Suara Orang Tua

Pada usia dua minggu, bayi sudah mampu mendengar suara. Tetapi masih terbatas pada suara Bunda. Ini adalah periode awal bayi bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya.
Nah, agar Ayahnya bisa lebih dekat dengan buah hati interaksi perlu diperbanyak, dengan cara menggendong,bercerita, mengajak ngobrol apapun itu yang bisa membawa anak ke hal positif.

2. Mampu Mengekspresikan Perasaan

Pada usia tiga minggu hingga satu bulan, biasanya bayi sudah mampu meluapkan perasaannya. Tetapi masih dalam bentuk tangisan, senyuman dan tertawa. Bahkan di masa ini pula, bayi sudah bisa mengendus. Silakan dekatkan wajah Bunda untuk mengetahui hal tersebut.

3. Mengenal Irama Musik

Perkembangan Bayi berusia 2 minggu hingga satu bulan selanjutnya adalah mulai mengenal irama musik. Maka wajar, jika Bunda menyetel alunan musik yang tenang, membuatnya lebih rileks dan nyaman.
Namun, jangan putar musik yang keras. Karena ini justru membuat bayi terkejut sehingga menangis. Bahkan, efeknya adalah tangisannya lebih lama dan nyaring.

Perkembangan Bayi 1 Bulan Setelah Lahir


Pada umumnya, bayi usia dua atau tiga minggu akan mengalami penurunan berat badan tetapi tinggi badan meningkat dan hal ini adalah wajar. Biasanya ketika memasuki usia bayi satu bulan, berat tubuhnya akan kembali normal. Nah ini dia perkembangan bayi 1 bulan yang terjadi:

1. Indera Pendengaran dan Penciuman Semakin Baik

Perkembangan bayi 4 minggu atau usia satu bulan setelah lahir adalah pendengaran dan penciumannya sudah mulai bagus. Gejalanya adalah, dia akan mencari sumber suara jika bunda memanggilnya.

Selain itu, di usia tersebut, bayi sudah memiliki kemampuan penciuman yang baik. Tetapi yang dia kenali masih bau atau aroma dari kedua orang tuanya.

2. Mulai Dengan Artikulasi Vocal


Ketika memasuki usia satu bulan, Bayi sudah bisa melakukan Komunikasi artikulasi. Masa tersebut, bayi mulai diajari menirukan. Seperti meniru nama panggilan papa, mama, kakak atau kakek dan neneknya. Hal yang terbaik adalah ajak terus bayi untuk berkomunikasi.

3. Sudah Mampu Merespon Sosial


Perkembangan bayi 1 bulan setelah lahir adalah, kemampuan respon sosialnya sudah mulai bagus. Dia sudah mulai tertawa dan mengeluarkan suara-suara.
Bayi sudah mengenal baik suara Bunda ketika berkomunikasi dengan orang sekitar. Di masa itu pula, dia mulai belajar berinteraksi dengan lingkungannya.

4. Koordinasi Motorik Sudah Semakin Baik


Perkembangan bayi pasca satu bulan selanjutnya adalah kemampuan motorik bayi sudah berkembang. Koordinasi tangan dan kaki juga mulai terbentuk.
Gejalanya adalah, jika tangannya digenggamkan sesuatu, pasti dia akan menggenggam dengan erat. Untuk melatihnya, silakan Bunda sentuh jari-jarinya dengan lembut.

Pada masa ini pula, Bayi mulai terbiasa menyentuhkan tangannya ke mulut. Bahkan dia akan memasukkan jari-jari ke dalamnya. Maka dari itu, berikan mainan yang bisa ia pegang. Selain membuat tertarik, juga melatih motorik agar lebih kuat. Yang perlu Bunda perhatikan adalah di setiap perkembangan usia berapapun, bayi harus diberikan stimulus yang baik. Karena itu merupakan bantuan terhadapnya untuk mengenal lingkungan. Jangan lupakan pula pemberian ASI harus maksimal. Supaya perkembangan bayi satu bulan setelah lahir semakin bagus.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: