Cara Mendidik Anak Aktif yang Baik dan Benar

anak aktif

Mengasuh anak aktif memang sejatinya akan membutuhkan esktra tenaga dan juga kesabaran. Namun tenang ya bunda, karena hal ini memang biasa terjadi pada masa tumbuh kembangnya. Jangan sesekali bunda melarang dan membatasi gerak geriknya, karena bila itu dilakukan, si kecil malah akan semakin berontak, dan bisa berpotensi menjadi anak yang nakal di usianya. 

Agar bunda tidak salah kaprah mengenai cara mengasuh anak aktif ini, berikut akan kami sajikan mengenai tips yang tepat dalam mendidik anak yang tidak bisa diam ini. 

Perkenalkan si kecil pada aktivitas yang membutuhkan focus

anak aktif

Cara termudah agar anak aktif anda menjadi diam adalah, dengan mengenalkannya kepada berbagai aktivitas yang membutuhkan focus. Syukur-syukur kalau aktivitas itu memang ia sukai, maka secara tidak langsung bunda telah membantu menemukan minat dan hobinya sedari dini. Adapun berbagai kegiatan yang disinggung ini seperti diantaranya ada menari, beladiri, melukis, olahraga dan masih banyak lagi yang lainnya. 

Membiarkan ia bermain di tempat yang lapang.

Anak yang terlalu aktif menandakan bahwa ia memiliki ektra tenaga daripada teman-teman seusianya. Dengan demikian, agar energinya tersalurkan dengan baik, bunda bisa membantu menemukan area bermain yang lapang di luar rumah, agar ia bisa leluasa bermain dengan teman-teman sebayanya. Ada banyak sekali tentunya aktivitas yang bisa sikecil lakukan di luar rumah, seperti diantaranya bermain sepeda, lari-larian dengan teman sebayanya, dan masih banyak lagi yang lainnya. Bilapun pekarangan rumah bunda cukup luas, bunda bisa membuat kolam renang mini, agar ia bisa terus bergerak dan menyalurkan energinya secara positif. 

Berikan si kecil kepercayaan

Bilapun bunda ikut mengawasi si kecil bermain dengan teman-teman seusianya, please bunda jangan rewel dan menyebalkan. Tidak boleh pegang ini, pegang itu, melempar itu, melempar ini, jangan berlari kesana kemari dan sebagainya, please jangan sedikit-sedikit meneriakinya seperti itu. Karena selain menggangu sikecil dalam bereksplorasi dengan sekitarnya, malah akan membuat sikecil menjadi pembangkang. Apalagi bila ia lihat muka bundanya cemas, ya si kecil malah akan semakin terpacu untuk berbuat lebih aktif lagi dari apa yang bunda larang. 

Comments