Cara Mendidik Anak yang Tepat

cara mendidik anak

Menjadi orang tua tentunya bukan suatu perkara yang mudah. Karena didalamnya ada berupa tanggung jawab dan kewajiban yang harus diemban, dan salah satunya perihal cara mendidik anak. Dan seperti yang kita ketahui, setiap anak terlahir berbeda. Dengan demikian cara mendidik anak ini, tidak semuanya bisa diaplikasikan secara sama. Sehingga tak jarang kita temui ada anak yang sering membangkang dari arahan orang tuanya, karena pola didiknya yang salah. 

Dengan demikian pada kesempatan kali ini, kami akan membahas mengenai cara mendidik anak yang tepat, agar sikecil patuh dan juga menuruti apa kata bunda dan pasangan. Penasaran apa saja itu? Yuk kita simak ulasan dibawah ini, check this out !

Jangan berteriak saat memanggil anak anda

cara mendidik anak

Berteriak saat memanggil anak tentunya bukan suatu hal yang dianjurkan dalam mendidik anak. Karena hal ini malah akan membuat anak anda akan semakin kesal, dan juga bahkan merasa takut kepada anda sehingga perkataan anda malah dihiraukan. Untuk itu sebagai solusi terbaiknya adalah, panggil anak anda dengan menyebutkan namanya, agar anak anda bisa merasa dihargai dan dianggap oleh orang tuanya.

Biasakan untuk selalu mendengarkan anak

Anak anda juga pasti ada masanya sedang merasa lelah, kesal, mempunyai masalah dengan temannya, dan lain sebagainya. Dengan demikian saat anak anda tidak mendengar perintah anda, alangkah baiknya anda mendengarkan dulu alasan ia menolak, bukannya malah anda yang makin naik pitam. Karena bila anda menunjukan kebiasaan mendengarkan keluhan anak ini, lambat laun juga akan membuat anak anda mengerti arahan anda, dan mau mendengarkan perintah anda. 

Konsisten dalam memberikan arahan

Dengan menerapkan pola asuh yang konsisten, tentunya akan membuat anak lebih mengerti. Karena dengan demikian, anak anda akan mengetahui apa yang diinginkan oleh orang tuanya, dan juga konsekuensi bila tidak melakukan perintah anda. Tak perlu takut untuk memberikan ia hukuman, karena hal tersebut akan menunjukan sikap tegas terhadapnya. Asalkan perlu diingat saja, jangan terlalu memberikan hukuman yang terlalu berat ya bunda. 

Comments