Menu Olahan Gizi Seimbang Untuk Anak

gizi seimbang untuk anak

Anak yang sedang dalam masa pertumbuhan tentunya memerlukan gizi seimbang untuk anak. Hal ini ditujukan agar si kecil bisa tumbuh secara sehat, dan mulai terbiasa hidup dengan pola makan yang sehat di kemudian hari.  

Berbeda dengan menu makan orang dewasa yang harus mengandung rendah lemak namun berserat tinggi, untuk anak yang tengah dalam masa tumbuh kembang, baiknya dikenalkan dengan menu makan yang berlemak tak jenuh atau lemak sehat dan juga berserat rendah. 

Adapaun menu makan gizi seimbang untuk anak yang bisa coba bunda kombinasikan dari beberapa jenis makanan berikut.

Makanan yang mengandung karbohidrat

gizi seimbang untuk anak

Karbohidrat sangat diperlukan bagi tubuh, sebagai sumber energi yang paling utama. Dan untuk menu makanan yang bisa dikombinasikan dengan jenis makanan lain dari sumber karbohidrat ini adalah nasi, kentang, mi dan juga sereal. Namun selain bisa digunakan sebagai menu utama, jenis makanan yang mengandung karbohidrat ini bisa dijadikan juga sebagai menu camilan seperti dibuatkan donat ataupun pudding roti.

Buah-buahan dan sayuran

Berbagai jenis buah-buahan dan sayuran tentunya memiliki manfaat yang berbeda-beda dan mengandung gizi seimbang untuk anak. Dengan demikian, jenis buah-buahan dan sayuran ini baik untuk disajikan setiap harinya dalam bentuk olahan segar ataupun dapat disajikan sebagai minuman jus. Adapun sebagai menu buah dan sayur yang bisa disajikan untuk sikecil bisa dari dari jeruk, pisang, pepaya, wortel dan juga tomat. 

Produk olahan dari Susu

Susu dapat berfungsi sebagai sumber kalsium yang penting dalam mendukung pertumbuhan dan memperkuat gigi dan juga tulang. Dengan demikian olahan makanan yang terbuat dari susu ini, bunda bisa sajikan seperti dari keju dan juga yoghurt. 

Lemak

Lemak essensial dan gula sejatinya diperlukan bagi pertumbuhan anak. Dan bentuk makanan yang bisa disajikan untuk sikecil ini bisa dari mentega, roti, kue, santan dan masih banyak lagi yang lainnya.

Protein

Protein dibutuhkan bagi tubuh sebagai pembentuk sel-sel penting dalam tubuh. Dan untuk menu makanan yang bisa disajikan untuk sikecil berupa telur, kacang-kacangan, daging, ikan dan lain-lain. Namun bila setelah pemberian protein ini menyebabkan alergi pada anak, sebaiknya ganti asupan proteinnya dengan minuman yang mengandung vitamin C. 

Comments