Kebutuhan Gizi Anak yang Wajib di Penuhi

Kebutuhan Gizi Anak yang Wajib di Penuhi

kebutuhan gizi anak

Dalam masa tumbuh kembang anak, sejatinya kebutuhan gizi anak perlu diperhatikan. Karena dengan demikian tumbuh kembang anak akan menjadi lebih optimal. 

Adapun berbagai kebutuhan gizi anak yang perlu diberikan, diantaranya sebagai berikut. 

Zinc

Kandungan zinc nyatanya sangat penting untuk memaksimalkan pertumbuhan dan juga pembentukan sistem kekebalan. Dan untuk makanan yang mengandung zinc ini, bisa bunda temukan dalam daging merah, ikan, seral dan juga kacang tanah. 

Kalsium

Kalsium sangat dibutuhkan bagi sikecil guna untuk membantuk mengoptimalkan pembentukan tulang dan gigi. Adapun sumber kalsium termudah, bunda bisa temukan dari sayuran hijau, susu, yoghurt, keju, kacang-kacangan, teri, wijen dan juga teri.

kebutuhan gizi anak

Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan anak menjadi mudah lelah dan juga lemas. Dengan demikian kandungan zat besi ini juga wajib diberikan guna kebutuhan gizi anak pada masa tumbuh kembangnya, agar bisa semakin optimal. Dan sumber makanan yang mengandung zat besi ini, bisa bunda temukan dari daging, telur, ikan salmon, sayuran hijau dan kacang-kacangan. 

Karbohidrat

Karbohidrat diperlukan tubuh guna untuk sumber penghasil energi utama dalam tubuh. Dengan demikian anak yang kandungan karbohidratnya terpenuhi, akan tumbuh menjadi lebih aktif dan energic. Bunda bisa memberikan makanan yang mengandung karbohidrat ini dari nasi, roti, kentang, jagung, mie, buah-buahan, madu dan juga susu. 

Protein

Protein sangat diperlukan bagi tubuh untuk membentuk sel-sel dalam tubuh dan juga menjadi penyumbang berat badan yang utama. Adapun sumber protein bisa mudah ditemukan pada daging, ikan, susu, telur, tahu, tempe, kacang-kacangan dan juga biji-bijian. 

Lemak

Lemak merupakan sumber energi yang dapat membantu pertumbuhan susunan saraf. Dan sumber lemak bisa dengan mudah ditemukan pada mentega, kuning telur, daging minyak ikan, margarin, kacang tanah, santan, dan juga minyak sawit. 

Makanan yang mengandung multivitamin

Makanan yang mengandung vitamin tentunya memiliki banyak sekali manfat bagi pertumbuhan anak. Namun perlu bunda ketahui bahwasanya ada vitamin larut dalam air (Vitamin B Kompleks dan Vitamin C), dan juga vitamin larut dalam lemak (Vitamin A, D, E, dan K). Dan untuk poin vitamin larut air, sebaiknya jangan dimasak terlalu lama, karena malah akan merusak kandungan vitamin yang ada didalamnya.  

Posting Komentar

0 Komentar