Daftar Kebutuhan Gizi untuk Anak 1 Tahun

kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun

Gizi dan nutrisi yang didapatkan si Kecil sangat penting bagi tumbuh kembangnya. Apalagi di usia 1 tahun, ada banyak perkembangan yang dialami si Kecil mulai dari belajar berjalan, mulai bicara, dan lain sebagainya. Sebagai orang tua, Bunda harus tahu daftar kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun sehingga bisa membantu memenuhinya. Berikut ini adalah daftar gizi tersebut:

Karbohidrat

Si Kecil membutuhkan karbohidrat kurang lebih sebanyak 155 gram. Ada dua jenis karbohidrat yang perlu Bunda ketahui yaitu karbohidrat sederhana seperti nasi dan roti serta karbohidrat kompleks seperti kentang, jagung, nasi merah, dan lain-lain.

kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun

Protein

Protein memiliki banyak manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil sehingga harus Bunda perhatikan dengan baik. Beberapa manfaat protein yaitu memperbaiki fungsi otak, sebagai antibodi, memproduksi enzim, dan lain-lain. Kebutuhan protein si Kecil yaitu 26 gram yang dapat dipenuhi melalui ikan, susu, telur, daging merah, dan lain-lain.

Vitamin

Beberapa macam vitamin yang dibutuhkan si Kecil yaitu vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K. Bunda bisa memenuhi kebutuhan vitamin mereka dengan sayuran dan buah-buahan.

Lemak

Kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun selanjutnya adalah lemak. Gizi ini penting untuk membantu perkembangan otak, sebagai sumber energi, dan lain sebagianya. Kebutuhan lemak yaitu 44 gram per hari dan bisa dipenuhi dari daging ikan, minyak sayur, produk susu, dan lain-lain.

Serat 

Menu makanan yang kaya akan serat bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, mengendalikan rasa lapar, serta menjaga berat badan si Kecil tetap ideal. Beberapa sumber makanan kaya serta yaitu wortel, apel, pisang, dan roti gandum. 

Cairan

Balita yang berusia 1-3 tahun membutuhkan cairan sebanyak 1200 ml. Tidak hanya air putih saja, kebutuhan cairan si Kecil bisa dipenuhi melalui minuman lain seperti susu yang dikonsumsi sehari-hari.

Itulah daftar kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun yang perlu Bunda ketahui. Tidak hanya bergizi lengkap saja namun makanan si Kecil juga harus memiliki gizi yang seimbang sesuai usianya. Untuk mendapatkan informasi mengenai gizi si Kecil yang lebih baik, Anda bisa berkonsultasi dengan Bidan Sela melalui website www.bidansela.com.

Comments