Tips Memberikan Makanan Anak Usia 1 Tahun

Makanan Anak Usia 1 Tahun

Perkembangan dan pertumbuhan anak merupakan perhatian utama para orang tua. Pada awal kehidupannya, pertumbuhan dan perkembangan mereka berjalan dengan cepat. Bunda bisa mendukung si Kecil dengan memberikan gizi yang lengkap dan seimbang melalui makanan. Pasalnya makanan yang dikonsumsi si Kecil sangat berpengaruh pada perkembangan mereka, terutama ketika memasuki usia 1 tahun. Untuk memastikan pemberian makanan yang sehat, berikut ini ada beberapa tips memberikan makanan anak usia 1 tahun yang bisa Bunda ikuti:

Penuhi Kecukupan Gizi

Hal paling penting yang perlu Bunda lakukan pertama kali adalah memastikan bahwa si Kecil mendapatkan asupan gizi yang tepat dan seimbang. Anak usia 1 tahun membutuhkan energi 775 kkal dan protein 18 gram. Sedangkan komposisi makanan sehatnya yaitu beras 150 gram, lauk protein nabati 50 gram, lauk protein hewani 50 gram, sayur 50 gram, dan buah 100 gram.

Makanan Anak Usia 1 Tahun

Perhatikan Jenis Makanan yang Diberikan

Si Kecil membutuhkan nutrisi yang cukup dan seimbang sehingga Bunda harus memperhatikan jenis makanan yang diberikan. Bunda bisa memberikan makanan pokok berupa nasi tim dan pasta makaroni. Jangan lupakan pemberian buah dan sayur seperti buncis, brokoli, kacang-kacangan, melon, pisang, dan lain-lain.

Perhatikan Frekuensi dan Jam Makan

Makanan anak usia 1 tahun harus diberikan secara teratur dan tepat. Si Kecil membutuhkan makanan berat sebanyak 3 kali sehari dan makanan selingan 2 kali sehari. Bunda bisa memberikan makanan berat pada pagi, siang, dan sore hari. Sedangkan makanan selingan berupa buah bisa diberikan di antara jam makan berat.

Ketahui Cara Pemberian Makan yang Tepat

Cara pemberian makanan untuk si Kecil yang berusia 1 tahun yaitu mencoba membiarkan mereka memegang makanan sendiri. Bunda bisa memberikan sendok sebagai alat makanan. Selain membantunya mengenal makanan, cara ini juga bisa melatih kemandirian.

Itulah tips memberikan makanan anak usia 1 tahun yang tepat. Dengan memperhatikan asupan nutrisi dan gizi mereka maka si Kecil bisa tumbuh dan berkembang optimal seperti teman-temannya. Jika kesulitan dalam memberikan makan untuk si Kecil, Bunda bisa berkonsultasi dengan Bidan Sela. Bidan Sela akan membantu memberikan saran terbaik demi tumbuh kembang si Kecil.

Comments