Perkembangan Fisik, Sensori, Kognitif, Emosi dan Sosial Bayi Usia 1 Bulan

  • Posted by Bidan Sela | Puput Sela Soraya
  • at 8:07 PM -
  • 0 comments
Tahap tumbuh kembang bayi penting untuk diketahui dan diperhatikan oleh orangtua. Dengan memperhatikan tumbuh kembangnya, Bunda bisa mengetahui perkembangan si kecil, apakah Ia tumbuh dengan sehat dan sesuai tahapan usianya. Untuk itu Bunda bisa memulainya dengan memperhatikan perkembangan bayi 1 bulan setelah lahir. Tumbuh kembang bayi di usia ini relatif cepat.


Lalu sebenarnya perkembangan apa saja sih yang terjadi pada bayi usia 1 bulan? Simak penjelasan berikut ini ya bun!

Perkembangan Fisik
Di usia 1 bulan berat badan bayi akan bertambah, bayi laki-laki memiliki berat sekitar 3,4 - 5,7 kilo dengan panjang badan sekitar 51,1 – 58,4 cm. Sementara untuk bayi perempuan memiliki berat badan sekitar 3,2 – 5,4 kilo dengan panjang badan berkisar 50 – 57,4 kilo. Dan perkembangan lingkar kepalanya, untuk bayi laki-laki berkembang sekitar 35,1 – 39,5 cm, dan bayi perempuan sekitar 34,3 – 38,8 cm.

Pada usia satu bulan, bayi juga sudah mulai memiliki kendali pada ototnya dan bergerak secara reflek. Seiring bertambahnya usia bayi, keadaan ini akan berubah dan bayi akan mulai menyadari jika Ia memiliki kontrol terhadap tubuhnya sendiri.

Perkembangan Sensori

Penglihatan

Ketika Bunda menyusuinya, si kecil akan dapat melihat wajah Bunda dengan jelas. Oleh karena itu Bunda harus memanfaatkan momen ini untuk menjalin kedekatan emosional dengannya.


Pendengaran

Sejak usia 28 minggu dalam kandungan sebenarnya bayi sudah dapat mendengar suara di dalam tubuh Bunda maupun di luar tubuh. Dan suara Bundalah yang akan menjadi suara favoritnya.


Penciuman

Perkembangan bayi 1 bulan setelah lahir lainnya yaitu indera penciuman bayi akan menjadi sensitif. Bahkan si kecil dapat membedakan bau Bunda dengan orang lain loh!


Indera Peraba dan Refleks

Sentuhan yang Bunda berikan dapat menciptakan perasaan tenang dan bahagia pada bayi. Oleh karena itu Bunda bisa melakukan pemijitan pada bayi untuk membantu tumbuh kembang ototnya.

Perkembangan Kognitif
Selain mengalami perkembangan secara fisik, bayi 1 bulan juga mengalami perkembangan kognitif. Di usianya ini, Ia akan mulai memproses informasi, mengingat dan memecahkan masalah. Misalnya, Ia akan lebih sering memperhatikan dan mengamati sekitarnya dan mendengarkan apa yang dikatakan oleh Bunda atau orang lain.

Perkembangan Emosi dan Sosial

Menginjak usia 1 bulan, bayi akan mulai terpengaruh dengan orang lain yang merawatnya. Si kecil bisa tiba-tiba menangis, merajuk ketika melihat Bunda marah, dan ketika melihat Bunda bahagia Ia juga akan senang. Di usianya ini, si kecil akan mulai menampakkan perkembangan emosinya.

Perkembangan dalam Kemampuan Berbicara dan Bahasa
Bayi yang baru lahir akan mengekspresikan keinginan atau emosinya melalui tangisan, menggeliat atau menyeringai. Namun ketika bayi Bunda menginjak usia 1 bulan, Ia akan mulai bergumam tidak jelas untuk mengekspresikan keinginanya.

Itulah penjelasan singkat tentang perkembangan bayi 1 bulan yang bisa Bunda pelajari. Yang perlu Bunda ketahui, tumbuh kembang bayi juga sangat dipengaruhi oleh kesehatan Bunda saat hamil, usia kehamilan saat lahir dan masih banyak lagi. Jika Bunda merasa ada yang salah dengan tumbuh kembang si kecil, segera hubungi dokter.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: