Tips Mengetahui Kondisi Kesehatan Janin 6 Bulan Berat Normal

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 2:43 AM -
  • 0 comments

Tips Mengetahui Kondisi Kesehatan Janin 6 Bulan Berat Normal

Ketika memasuki masa kehamilan pada trimester kedua terakhir, atau saat usia janin 6 bulan 2 minggu, biasanya banyak pertanyaan yang timbul dari para Bunda baru. Seperti halnya posisi tidur yang tepat untuk janin 6 bulan beberapa minggu, ataupun berapa berat normal janin pada saat itu. Namun untuk mengetahui janin 6 bulan berat normal harus diketahui dulu per minggunya.
sumber:https://images.unsplash.com/photo-1566780659476-4edea50d785a

Tapi, Bunda harus bisa membedakan antara usia janin dan usia kehamilan, ya! Karena usia kehamilan dimulai dari HPHT, sedangkan usia janin dihitung dari konsepsi. Jadi, antara usia kehamilan dengan usia janin ada selisih sekitar 2 minggu. Jika usia kehamilan janin 6 bulan beberapa minggu, kemungkinan usia janin berada pada kisaran 22-26 minggu. Lantas, bagaimana rincian hitungan janin 6 bulan berat normal?

Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan

Cara Mengetahui Berat Normal Janin Saat Usia 6 Bulan

Salah satu cara yang bisa Bunda lakukan ialah melakukan konsultasi langsung terhadap dokter yang menangani Bunda. Biasanya, dokter juga akan memberikan buku catatan kehamilan untuk Bunda supaya bisa mengetahui perkembangan janin dari awal kehamilan sampai melahirkan. Berikut sedikit informasi yang bisa dirincikan saat usia janin 6 bulan 2 minggu.

  • Usia 25 minggu, berat janin 660 gram dan panjangnya 35 cm.
  • Usia 26 minggu, berat janin 760 gram dan panjangnya 36 cm.
  • Usia 27 minggu, berat janin 875 gram dan panjangnya 36 cm.
  • Usia 28 minggu, berat janin bertambah sekitar 1 kg dan panjangnya 38 cm.

Namun demikian, tidak semua ibu hamil saat memasuki masa kehamilan dengan ukuran berat dan panjang janin yang persis sama. Karena hal tersebut memang normal dan wajar saja. Jika dilihat dari rincian di atas, pertambahan berat janin tidak konstan. Karena dalam perkembangannya, janin sudah mulai memiliki kemampuan yang berbeda-beda tiap minggunya.

Ketahui Perkembangan Kemampuan Janin 6 bulan Berat Normal

Saat memasuki usia 25 minggu, janin mulai memproduksi lemak yang nantinya akan membantu mempertahankan suhu tubuhnya setelah lahir. Adapun saraf penglihatannya juga sudah mulai terangsang ketika perut sang ibu diberi cahaya senter atau semacamnya.
Saat memasuki usia 26 minggu, saraf pada mata janin akan semakin aktif. Ia akan mencoba untuk membuka mata dan menunjukkan tanggapan saat disentuh atau ketika melihat cahaya.
Saat memasuki usia 27 minggu, bagian otak janin sudah mulai berfungsi secara aktif. Janin sudah mampu membuka dan menutup matanya. Bahkan pada usia ini, janin sudah mulai bermimpi maupun tidur dengan ritme tertentu.
Baca Juga Artikel : Perkembangan Janin 13 Minggu

Saat memasuki usia 28 minggu, janin semakin terbiasa berkedip dan mampu memutar kepalanya ketika melihat cahaya. Selain itu, janin sudah mulai memiliki bulu mata yang halus. Pada usia ini pula, sesekali ia mengalami cegukan yang terasa seperti sentakan kecil. Tapi hal ini memang normal adanya. Jadi, Bunda tidak usah khawatir, ya!

Nah, seiring dengan tumbuh kembang janin yang kian sempurna, Bunda juga harus memperhatikan asupan nutrisi seperti halnya memperbanyak makanan yang kaya protein serta sayur mayur. Hal ini bertujuan untuk menunjang pertumbuhan otak si janin. Jangan lupa juga untuk banyak istirahat menjelang masa kelahiran si calon bayi, ya Bun!

Setelah Bunda mengetahui info janin 6 bulan berat normal, semoga dalam usia kehamilan janin 6 bulan beberapa minggu Bunda bisa selalu jaga kesehatan ya! Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi untuk si janin 6 bulan 2 minggu agar si calon bayi selalu sehat menjelang persalinan.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: