Simak Perkembangan Janin 38 Minggu dan Potensi Kontraksinya

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 8:22 PM -
  • 0 comments

Simak Perkembangan Janin 38 Minggu dan Potensi Kontraksinya

Ketika buah hati dalam kandungan memasuki usia janin 38 minggu, orang tua biasanya mulai was-was, terutama sang Ibu. Sebab, periode ini sudah sangat dekat dengan prakiraan kelahiran. Seperti apa skema perkembangan dari janin berusia 38 minggu tersebut? Lantas, bagaimana dengan kemungkinan kontraksi yang dialami dan persiapan-persiapan yang harus dilakukan?
Simak Perkembangan Janin 38 Minggu dan Potensi Kontraksinya
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/pregnant-woman-with-back-pain_53876-26156.jpg

Kondisi Fisik dan Perkembangan Lain Janin Usia 38 Minggu

Memasuki minggu ke-38 kehamilan, janin sudah memiliki fisik yang sempurna. Dari sini, dengan metode USG, dapat tampak dengan jelas kelengkapan fisik buah hati Anda. Terutama organ-organ seperti kepala, telinga, mata, hidung, mulut, tangan, badan, kaki, dan alat kelamin. USG dilakukan juga sekaligus bertujuan untuk mendeteksi kelainan fisik sebelum kelahiran.

Namun, untuk perkembangan organ dalamnya masih belum sempurna. Terutama bagian paru-paru dan otak yang masih dalam proses penyempurnaan. Organ-organ dalam tersebut bisa dibilang dalam tahap belajar untuk berfungsi sendiri saat bayi lahir nanti. Sebagaimana paru-paru agar bisa bernapas sendiri dan otaknya dapat menerima rangsangan berupa cahaya saat lahir.

Namun, janin 38 minggu sudah mulai memproduksi mekominium atau yang dikenal dengan feses pertama bayi. Kemampuan ini didapat melalui otot mulut yang sudah cukup kuat untuk menelan air ketuban dari Ibu. Sel-sel yang mati juga nantinya akan dikeluarkan melalui mekominium tersebut supaya tidak berubah menjadi zat beracun.

Gejala Gejala yang Dialami Ibu Saat Usia Janin 38 Minggu

Minggu ke-38 termasuk pada trimester akhir kehamilan, di mana merupakan fase yang tidak kalah riskan dibanding trimester pertama. Pada periode ini, akan muncul beberapa gejala yang terjadi pada ibu si jabang bayi. Penting untuk benar-benar memerhatikan gejala-gejala berikut guna menghindari kemungkinan terjadi insiden yang tidak diinginkan :

Kaki Ibu Membengkak

Kaki bengkak merupakan hal yang wajar terjadi pada ibu mendekati waktu persalinan. Hal itu dipicu oleh meningkatnya volume darah yang mengakibatkan cairan dalam tubuh turut meningkat drastis. Cairan itu kemudian mengendap di bagian bawah, tepatnya kaki, sehingga menyebabkannya membengkak. Masalah ini dapat diatasi dengan rajin berjalan-jalan terutama di pagi hari.

Braxton Hicks atau Kontraksi Palsu

Pertanyaan yang umum diajukan perihal wajar tidaknya janin 38 minggu belum ada kontraksi, maka jawabannya adalah tidak wajar. Sebab, memasuki usia kandungan tersebut, ibu pasti mengalami gejala kontraksi palsu atau braxton hicks. Perut akan terasa nyeri namun hilang ketika Anda berganti posisi. Kontraksi ini menunjukkan beberapa hal penting :
Bayi bergerak aktif dalam kandungan sehingga dinding perut bereaksi, dengan kata lain janin dalam kandungan baik-baik saja.

Tubuh mulai berlatih untuk kontraksi sungguhan saat proses persalinan nanti.

Jadi, bila Anda bahkan tidak mengalami kontraksi palsu, maka harus lekas diperiksakan ke dokter untuk mengetahui apakah kondisi janin baik-baik saja.

Keputihan Berlebih dan Perut Gatal

Semakin mendekati waktu melahirkan, serviks atau leher rahim akan mengeluarkan cairan kental berwarna putih cukup banyak. Tandanya, terjadi proses pembukaan jalur untuk melahirkan. Hal itu wajar dan tidak perlu mengonsumsi atau mengambil tindakan apa pun. Dengan catatan, cairan yang dikeluarkan tidak berwarna kemerahan atau kehitaman.
Selain keputihan berlebih, Anda juga mungkin akan mengalami rasa gatal di usia kehamilan 38 minggu. Khususnya di bagian perut. Anda bisa mengurangi rasa gatal itu dengan banyak minum air putih dan menggunakan krim pelembab. Selama tidak berubah menjadi ruam, tidak perlu berkonsultasi dengan dokter.
Simak Perkembangan Janin 38 Minggu dan Potensi Kontraksinya
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/pregnant-woman-having-fetal-monitoring-by-doctor_53876-14759.jpg

Dapat disimpulkan bahwa pada janin 38 minggu perkembangan fisik dan organ dalamnya sudah mendekati sempurna. Mengingat waktu persalinan pun semakin dekat. Selain itu, terjadi pula beberapa gejala pada Ibu yang harus diperhatikan dan beberapa mungkin memerlukan penanganan.

Meta Deskripsi : Janin 38 minggu memasuki fase pertumbuhan organ yang sempurna dan bila janin 38 minggu belum ada kontraksi tergolong tidak wajar.
Gambar:
https://image.freepik.com/free-photo/pregnant-woman-having-fetal-monitoring-by-doctor_53876-14759.jpg
https://image.freepik.com/free-photo/pregnant-woman-with-back-pain_53876-26156.jpg



Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: