Bagaimana Kondisi Janin Usia 6 Bulan Kehamilan?

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 6:08 AM -
  • 0 comments
Memasuki masa kehamilan yang mulai menua sebagaimana janin usia 6 bulan, bunda dan ayah pasti sedang sibuk mempersiapkan segala sesuatu untuk calon buah hatinya nanti. Tapi dibalik kesibukan itu, bunda juga harus tetap memperhatikan kesehatan, asupan gizi, serta istirahat yang berkualitas bagi si jabang bayi. Karena saat janin 6 bulan, ia mulai bisa mengaktifkan panca inderanya dan organ-organ vital lain dalam tubuhnya.

Dalam arti kata lain, tumbuh kembang janin mulai bisa bunda dan ayah saksikan melalui USG. Walaupun sebenarnya bunda dan ayah bisa mulai melakukan hal ini saat masa kehamilan mulai berusia 4 bulan. Pada trimester kedua ini, bunda sering-seringlah cek kehamilan untuk mengantisipasi terjadinya gangguan saat hendak melahirkan nantinya. Lalu, bagaimanakah kondisi janin usia 6 bulan kehamilan?

Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan

Begini Tumbuh Kembang Janin Usia 6 Bulan

Mungkin, bagi bunda yang baru pertama kali mengalami masa kehamilan, beberapa hal yang terjadi selama masa-masa kehamilan adalah sesuatu yang mendebarkan. Utamanya menginjak usia kehamilan 6 bulan atau sekitar 24 minggu, dimana wajah janin mulai terbentuk serta organ vital dan panca inderanya mulai aktif. Alis dan bulu matanya pun mulai terlihat pada masa kehamilan ini. selain itu, leher janin juga mulai memanjang.

Beberapa tendangan kecil dari si janin 6 bulan mungkin juga sering bunda rasakan. Tak hanya itu, ternyata dalam usia kandungan ini janin kadang bisa mengalami cegukan kecil, bahkan tidur dan bermimpi. Janin juga mulai tumbuh dengan lebih cantik dengan membentuk lapisan lemak subkutan yang merupakan lemak bawah kulit. Kuku pada janin juga sudah mulai tumbuh.

Adapun untuk ukurannya, pada trimester kedua kehamilan ini biasanya janin memiliki berat sekitar 0,66 kilogram, panjang tubuh 10 inci, serta panjang tangan 0,8 inci. Nah, pertumbuhan panjang janin itu biasanya berguna untuk menambah berat badan. Karena biasanya, pada periode ini setiap harinya janin memperoleh tambahan berat sebanyak 0,02 pon per hari.

Pembentukan otak juga mulai terjadi pada usia kehamilan 24 minggu ini. Adapun bagian otak yang terbentuk ialah pada otak tengah dan serebelum sampai ke ujung. Ketika sudah memasuki fase akhir bulan keenam, otak yang terbentuk tersebut biasanya memiliki berat sekitar 0,2 kilogram. Di saat yang sama pula, janin mulai membentuk pernapasan yang konstan.

Lakukan Ini Ketika Masa Kehamilan Janin 6 Bulan

Ketika bunda sudah mengetahui bagaimana tumbuh kembang janin pada usia 6 bulan, bunda juga harus melakukan beberapa hal berikut untuk mempersiapkan kelahiran si buah hati.

Pemeriksaan Anggota Badan

Hal ini perlu untuk bunda lakukan guna mengetahui adanya kemungkinan pembengkakan anggota badan atau justru adanya varises. Selain itu, bunda juga jangan lupa untuk mengukur berat badan dan tekanan darah untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lakukan Tes Urine

Pemeriksaan satu ini berguna untuk mengetahui kandungan protein dan gula yang terdapat dalam tubuh bunda. Tetap jaga kesehatan dengan rutin mengkonsumsi makanan sehat dan baik untuk janin, ya bun!

Dengarkan Detak Jantung Janin

Mungkin, hal ini cenderung bersifat opsional. Namun bunda bisa kok, melakukannya untuk mengetahui kesehatan si janin yang ada di dalam perut!
Nah, bagaimana? Bunda sudah punya gambaran, kan tentang bagaimana kondisi janin usia 6 bulan serta apa saja yang harus bunda lakukan saat masa kehamilan janin 6 bulan. Untuk lebih lengkapnya, bunda bisa berkonsultasi dengan dokter kandungan ataupun melakukan diskusi dengan para ibu lain yang lebih berpengalaman.
Baca Juga Artikel : Perkembangan Janin 13 Minggu

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: