Perubahan yang Akan Terjadi Di usia Kandungan 5 Bulan

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 3:35 AM -
  • 0 comments
Bagi ibu hamil, perkembangan dan perubahan janin tentu merupakan sesuatu yang penting untuk diketahui. Apalagi jika kandungan telah menginjak usia 5 bulan. Pertanyaan seperti, sudah sebesar dan bisa apa janin tentu membuat Bunda penasaran, bukan? Nah membahas hal ini, sebenarnya akan ada 2 perubahan yang terjadi di usia kadungan 5 bulan loh! Apa saja? berikut penjelasan mengenai 2 perubahan tersebut:
“Perubahan apa sih yang akan terjadi di usia kandungan 5 bulan? Ketahui pembahasan mengenai perubahan tersebut melalui artikel berikut!”
Sumber;https://image.freepik.com/free-photo/top-view-pregnant-woman-holding-ultrasound-picture_23-2148252668.jpg
Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan

Perubahan pada Bunda

Tidak hanya janin, di usia kandungan 5 bulan, ibu hamil atau bumil juga akan mengalami beberapa perubahan. Hal ini tentu wajar, karena perkembangan janin memang akan membuat perubahan, salah satunya yaitu bertambahnya berat badan. Tidak heran, jika umumnya pada tahap ini Bunda akan merasa menjadi sering lapar.

Dalam hal lain, usia kandungan 5 bulan juga akan menimbulkan perubahan lain, seperti stretch mark pada paha, perut, serta payudara, mengalami pembengkakan kaki, payudara menjadi terasa penuh, dan dalam beberapa kasus, Bunda juga akan mengalami masalah cairan vagina yang bertambah. Namun tidak perlu khawatir. Selama cairan vagina yang keluar bersifat normal, maka hal itu masih bisa dikatakan aman.

Perubahan pada Janin

Tentu sudah bukan rahasia lagi jika seiring waktu, janin akan mengalami perubahan. Baik dalam hal berat, hingga perubahan dalam hal fisik dan kebisaan janin. Nah, di usia 5 bulan setidaknya janin akan mengalami perubahan-perubahan menarik yang penting untuk Bunda diketahui. Janin 5 bulan sebesar apa? Simak perubahannya berikut ini:

Panjang dan Berat Janin Bertambah

Memasuki usia 5 bulan, janin akan mengalami perubahan berat dan juga ukuran, yaitu memiliki berat sekitar 340 hingga 360 gram, dengan panjang kira-kira 21 hingga 22 cm. Meskipun memiliki ukuran yang sangat kecil, tetapi pada tahap ini bentuk janin telah menyerupai bayi siap lahir. Hal itu karena, bisa dibilang organ janin nyaris terbentuk sempurna. Baik itu bentuk bibir, mata, kelopak, alis mata, hingga matangnya organ pankreas janin.

Jenis Kelamin Janin Terlihat

Perubahan menarik kedua yang akan terjadi pada janin di usia kandungan 5 bulan yaitu Bunda dapat melihat jenis kelamin dari janin. Pada tahap ini, organ vital janin, baik perempuan atau laki-laki telah terbentuk dan akan terus mengalami perkembangan hingga janin siap lahir. Adapun dalam hal ini, untuk melihat jenis kelamin bayi, Bunda dapat melakukan USG kandungan.

Pendengaran Janin Telah Berfungsi Sempurna

Lantas, janin 5 bulan bisa apa? Pada kandungan 5 bulan, pendengaran janin makin berfungsi sempurna. Bukan hanya dapat mendengar detak jantung saja. Lebih dari itu, janin juga telah mampu mendengarkan suara-suara dari luar. Mulai dari suara TV, musik, suara hewan, dan suara percakapan Bunda.

Itulah mengapa, usia 5 bulan menjadi tahap paling tepat bagi Bunda untuk memberikan rangsangan suara pada janin. Baik dengan cara mendengarkan suara-suara atau lagu klasik, hingga melakukan percakapan langsung antara Bunda dan janin.

Sidik Jari Makin Terbentuk Sempurna

Seperti yang diketahui, pada usia 4 bulan sidik jari janin akan mulai terbentuk. Nah, pada tahap 5 bulan ini, perkembangan pembentukan sidik jari tersebut dilanjutkan menjadi lebih sempurna. Tidak hanya itu, pada tahap inipun, janin juga mengalami perkembangan otak yang sangat cepat. Sehingga penting bagi Bunda untuk senantiasa menjaga asupan makanan agar kebutuhan janin selalu terpenuhi.
Itulah 2 perubahan yang akan terjadi saat kandungan berusia 5 bulan. Nah setelah membacanya, Apa Bunda baru sadar jika ternyata perubahan saat hamil tidak hanya terjadi pada janin tapi juga pada Bunda juga? Oleh karena itulah, selain menjaga janin, penting juga bagi Bunda untuk selalu menjaga kesehatannya. Semoga bermanfaat. Baca Juga Artikel : Perkembangan Janin 13 Minggu

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: