5 Fakta Menarik dari Aktifnya Kondisi Janin Usia 5 Bulan

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 3:11 AM -
  • 0 comments
Usia kandungan 5 bulan merupakan usia dimana janin telah mampu untuk bergerak aktif. Keaktifan tersebut umumnya sering dijadikan sebagai indikasi untuk menentukan kondisi janin di dalam kandungan. Baik dalam hal kesehatan, maupun perkembangan kemampuan janin. Nah yang menarik, dibalik keaktifan janin ini, ternyata tersimpan beberapa fakta yang sayang jika tidak diketahui, diantaranya:
“Apa usia kandungan Bunda memasuki usia 5 bulan dan janin telah mulai aktif bergerak? Jika iya, ketahui 5 fakta menarik mengenai keaktifan tersebut”
sumber:https://cdn.pixabay.com/photo/2017/09/30/21/32/pregnant-2803646_960_720.jpg
Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan

Indikasi Kondisi Kesehatan dan Perkembangan Janin

Dalam perkembangannya, aktifnya gerakan janin dalam kandungan merupakan sesuatu yang penting. Mengingat gerakan itulah yang bisa menjadi salah satu indikasi kondisi kesehatan janin tanpa harus melakukan tes atau pemeriksaan medis. Adapun normalnya, tiap janin memiliki aktifitas keaktifan gerakan yang berbeda. Namun sebagai dasar, dunia medis sendiri telah menjelaskan mengenai keidealan gerakan janin tersebut. Yaitu rata-rata sekitar 15 hingga 29 gerakan per hari.

Adapun untuk pemantauan gerakan janin, Bunda bisa melakukannya dengan cara menghitungnya sendiri dalam waktu 12 jam. Apabila dalam jangka waktu tersebut, janin bergerak selama lebih dari 10 kali, maka secara klinis janin sehat. Namun jika sebaliknya, ada baiknya Bunda segera mengkonsultasikannya pada dokter untuk mengetahui kondisi janin secara pasti.

Janin Memiliki Ruang Gerak Sempit

Pada beberapa kasus, keaktifan gerakan janin juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa, dalam kandungan, janin memiliki ruang gerak sempit. Sebenarnya hal ini memang wajar. Apalagi jika usia kandungan Bunda, mulai mendekati proses persalinan.

Nah, jika merasa tergangu dengan keaktifan janin, Bunda bisa mencoba menenagkan janin dengan cara bergerak aktif, mengelus perut, atau dengan mengayunkannya perlahan. Gerakan Bunda ini, sedikit banyak akan membantu memberikan kenyamanan dalam perut, sehingga janin bisa tenang dan keaktifan gerakan berkurang. Atau untuk cara lainnya, Bunda juga bisa mengkonsumsi obat penenang golongan barbiturate. Hanya saja, untuk cara kedua ini, Ada baiknya Bunda melakukan konsultasi kepada dokter terlebih dahulu.

Janin Kekurangan Asupan Makanan di Malam Hari

Keaktifan gerakan janin di malam hari tentu merupakan sesuatu yang lazim terjadi pada tiap ibu hamil. Karena faktanya, keaktifan janin tersebut memang merupakan respon janin saat asupan makanan yang masuk dalam tubuh Bunda berkurang. Sebab itulah, untuk menghindari hal ini, ada baiknya Bunda memenuhi asupan makanan tersebut.
Atau jika masih tetap aktif, bunda bisa mencoba menerapkan cara pada poin kedua yaitu dengan menggoyangkan atau mengayunkan perut secara perlahan. Dengan begitu, ayunan akan membuat janin merasa nyaman dan tenang.

Respon Janin Mengenai Perasaan Bunda

Stres merupakan salah satu kondisi yang wajib untuk dihindari Bunda pada saat hamil. Bagaimana tidak, meskipun terlihat sepele ketenangan perasaan Bunda akan mempengaruhi keaktifan gerakan janin juga. Dalam hal ini, keaktifan gerakan tersebut memang tidak membahayakan. Hanya saja, seringkali hal tersebut akan mengganggu aktivitas.

Oleh karena itu, dalam hal ini penting untuk menjaga kestabilan perasaan. Jika jenuh, Bunda bisa melakukan aktivitas menyenangkan, melakukan refreshing, atau dengan cara yang lebih sederhana yaitu mengungkapkan perasaan pada orang lain terutama pasangan Bunda.
Baca Juga Artikel : Perkembangan Janin 13 Minggu

Respon Janin Mengenai Keadaan Lingkungan

Janin 5 bulan bergerak aktif juga merupakan fakta bahwa janin tengah merespon keadaan lingkungan disekitarnya. Seperti yang diketahui, pada usia kandungan 5 bulan, alat indera janin seperti pendengaran, dan penglihatan telah berfungsi. Dalam hal ini, umumnya saat mendengar atau merasakan adanya cahaya, janin akan merespon dengan cara melakukan gerakan-gerakan.
Jika penasaran, Bunda bisa melakukan uji coba, dengan cara mendengarkan janin musik, mengajaknya bicara, atau untuk mengetahui indera penglihatannya, Bunda bisa menyorotkan cahaya pada perut.

Itulah 5 fakta menarik dari janin 5 bulan sering bergerak. Selain lima fakta di atas, sebenarnya terdapat fakta-fakta lain yang menyebabkan keaktifan tersebut. Namun yang perlu ditekankan, semua keaktifan janin tersebut merupakan sesuatu yang wajar. Yaitu selama pola keaktifan janin teratur.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: