Perkembangan dan Kondisi Janin 4 Bulan Seperti Apa? Simak Penjelasan Berikut!

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 10:44 PM -
  • 0 comments
Bagi Bunda, mengetahui perkembangan janin tiap bulannya tentu merupakan sesuatu yang penting. Apalagi jika kandungan tersebut telah menginjak usia-usia nyaman seperti 4 bulan. Memantau perkembangan janin tentu akan sangat menarik. Lalu sebenarnya pada usia 4 bulan tersebut, janin telah berkembang seperti apa? berikut penjelasan singkat mengenai perkembangan janin di usia kandungan 4 bulan tersebut:

Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan
“Perkembangan kondisi janin di usia kandungan 4 bulan seperti apa, sih? Ketahui pembahasannya melalui penjelasan singkat berikut ini”
sumber:https://image.freepik.com/free-photo/pregnant-woman-holding-ultrasound_23-2147793121.jpg

1. Berat dan Panjang Janin Bertambah

Dalam perkembangannya, beratnya janin 4 bulan telah bertambah. Lantas janin 4 bulan sebesar apa? Pada tahap ini, umumnya janin memiliki ukuran sebesar buah pisang. Lebih tepatnya, janin memiliki panjang 16,5 cm hingga 25 cm, dengan berat sekitar 290 gram.
Pada tahap ini pula, Bunda juga akan mulai merasakan pertumbuhan janin yang semakin besar, karena adanya tekanan pada perut dan kandung kemih. Itulah mengapa, biasanya pada usia ini, perut Bunda juga akan mulai terlihat.

2. Kepala Janin Telah Terlihat

Perkembangan kedua yang terjadi pada janin di usia kandungan 4 bulan yaitu kepala mulai membesar sehingga mengimbangi ukuran tubuh janin. Tidak hanya itu, yang membahagiakan, pada tahap ini Bunda sudah dapat melihat wajah janin yang telah berkembang menyerupai manusia. Hanya saja, di usia ini, beberapa bagian wajah janin belum terbentuk secara sempurna.
Namun untuk bagian kepala seperti tempurung janin, telah terbentuk dan tesusun rapi. Bahkan pada bagian kepala lain, seperti tulang rawan janin pun sudah mulai mengeras.

3. Jari Jemari Janin Mulai Berkembang

Di usia kandungan 4 bulan, janin juga mulai memiliki jari jemari, kuku, dan sidik jari telah muncul. Tidak hanya itu, bagian kelenjar keringat janin juga telah berkembang dan berfungsi di seluruh bagian tubuh. Yang menarik pada perkembangan dipoin ketiga ini yaitu janin sudah mulai belajar mengisap jempolnya. Cara ini umumnya dilakukan janin, untuk memberikan ketenangan pada dirinya di dalam kandungan.

4. Indera Pendengaran Mulai Berfungsi

Barangkali belum banyak yang tahu, jika ternyata indera pendengaran mulai berfungsi sejak janin masuk pada usia kandungan 4 bulan. Sedangkan saat masuk usia 5 bulan, fungsi indera pendengaran ditingkatkan kembali sehingga menjadi lebih sempurna.
Untuk itulah, pada tahap ini, Bunda sudah bisa memulai mendengarkan janin musik-musik lembut, atau mengajaknya berinteraksi untuk melatih indera pendengarannya. Dari apa yang janin dengar, umumnya dirinya akan merespon suara dengan melakukan gerakan-gerakan.

5. Tali Pusar Janin Telah Kuat

Tali pusar merupakan bagian penting dari janin. Umumnya di usia kandungan awal, tali pusar terbentuk tidak terlalu kuat. Nah, pada usia kandungan 4 bulan, barulah tali pusar janin berkembang dan mulai menguat. Itulah mengapa, usia 4 bulan dikatakan sebagai usia kandungan aman karena selain berfungsi sebagai penyalur makanan, tali pusar juga akan membantu menguatkan janin.

6. Kulit Janin Telah Berkembang Menjadi Dua Lapisan

Tidak hanya jari jemari, kuku, dan sidik jari, di usia kandungan 4 bulan, kulit janin juga telah berkembang dan membentuk dua lapisan. Pertama lapisan dermis yang merupakan lapisan kulit dalam. Dan kedua, lapisan epidermis yang merupakan lapisan kulit luar atau permukaan.
Pada perkembangannya, lapisan epidermis ini nantinya akan membentuk pola tertentu pada ujung telapak tangan, telapak kaki, dan juga ujung jari. Sedangkan seiring waktu, lapisan dermis sendiri akan berkembang dan mengandung syaraf, pembuluh-pembuluh darah kecil, serta menjadi tempat sejumlah lemak.
Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai perkembangan janin di usia kandungan 4 bulan. Semoga informasi di atas bisa memberikan sedikit pengetahuan bagi Bunda, dan semakin menyadarkan Bunda untuk selalu menjaga kesehatan dan asupan makanan bagi buah hati.

Baca Juga Artikel : Perkembangan Janin 13 Minggu

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: