Mengenal Kondisi Perkembangan Janin Di usia Kandungan 4 Bulan Menurut Medis dan Islam

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 11:45 PM -
  • 0 comments
Pada dasarnya, pembahasan mengenai perkembangan janin bagi Bunda tentu sangat menarik. Apalagi jika pembahasan perkembangan tersebut dibahas dalam dua sudut pandang yaitu secara umum dan menurut islam. Dalam pembahasan kali ini, perkembangan yang akan dibahas yaitu saat usia kandungan 4 bulan. Langsung saja, berikut pembahasan jelasnya:

Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan
“Bunda, bagaimana perkembangan janin di usia kandungan 4 bulan dari dua sudut pandang? Ketahui penjelasannya dari pembahasan berikut”
sumber: https://images.unsplash.com/photo-1541956799312-3f9df99e0006?ixlib=rb-1.2.1&ixid=eyJhcHBfaWQiOjEyMDd9&auto=format&fit=crop&w=702&q=80

Perkembangan Umum Janin Usia 4 Bulan

Bisa dibilang, usia kandungan 4 bulan merupakan usia yang cukup aman bagi Bunda untuk melakukan banyak aktivitas. Karena pada tahap ini, bagian-bagian janin telah berkembang cukup kuat dan nyaris sempurna. Dalam hal fisik saja, perkembangan janin di usia kandungan 4 bulan ini telah banyak mengalami perubahan.

Mulai dari terbentuknya kepala janin serta mengerasnya tempurung kepala, terbentuknya jari jemari, kuku, dan sidik jari, terbentuknya dua lapisan kulit yaitu lapisan dermis, dan lapisan epidermis, berfungsinya indera pendengaran janin, serta perkembangan kemampuan janin lainnya.
Pada tahap ini pula, umumnya fisik Bunda juga mulai mengalami perubahan signifikan. Salah satu yang paling mencolok yaitu ukuran perut yang semakin membesar. Tidak hanya itu, janin yang mulai bergerak aktif juga akan memberikan sensasi pada perut Bunda. Baik itu berupa tendangan, pukulan, atau gerakan-gerakan sederhana janin lainnya.

Adapun mengenai perkembangan janin di usia kandungan 4 bulan ini, janin telah terbentuk seperti manusia. Hal ini memang benar, karena bukan hanya telah memiliki bagian fisik yang lengkap, organ janin bagian dalam, seperti paru-paru, syaraf otak, dan organ lain pun telah terbentuk. Hanya saja untuk organ, janin masih perlu penyempurnaan. Baik dalam hal bentuk, hingga fungsi dari organ itu sendiri.

Lantas janin 4 bulan bisa apa lagi? Selain telah mampu bergerak aktif, janin juga mampu melakukan gerakan lain seperti menghisap jempol tangannya, meregangkan tubuh, dan cegukan. Pada tiap janin, kemampuan gerak dan keaktifan janin memang akan berbeda. Jadi jangan heran, jika terkadang Bunda akan menemukan janin yang sangat aktif di usia 4 bulan, namun ada pula janin 4 bulan tidak bergerak.

Bagaimana Perkembangan Janin 4 Bulan Menurut Islam?

Soal janin dalam ajaran Islam tidak jauh berbeda dengan perkembangan janin menurut medis. Dalam Islam perkembangan janin dimulai dari nutfah (sperma), ‘alaqah (segumpal darah), mudlghah (segumpal daging), kemudian menjadi janin dengan bagian tubuh lengkap seperti manusia pada umumnya.

Nah, urutan perkembangan janin 4 bulan dalam Islam di atas terdapat pada hadits riwayat Imam Muslim. Dijelaskan bahwa janin mulai sempurna kira-kira selama 120 hari atau dalam hitungan bulan tepat pada usia kandungan 4 bulan. Pada tahap inilah, Allah kemudian mengutus malaikat untuk meniupkan ruh pada janin dan menuliskan pula empat hal yang akan terjadi pada janin. Yaitu, rizki janin, ajal, amal, dan yang terakhir apakah nantinya janin menjadi orang celaka atau bahagia.
Oleh karena itulah, pada tahap ini, para ulama’ mengajarkan kita untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Agar ruh yang ditiupkan pada janin baik, dan janin dapat tercipta secara sempurna. Dalam tradisi Jawa sendiri, hal ini sering disebut sebagai tradisi papatan. Yaitu tradisi yang dilakukan dalam rangka mengucapkan rasa syukur pada Allah SWT, sekaligus memanjatkan doa untuk janin yang dikandung.

Umumnya, tradisi ini akan dilakukan dengan cara memanggil tetangga dan kerabat untuk membantu berdoa. Orang jawa berpendapat, cara ini dilakukan karena tuan rumah merasa bahwa dirinya bukan orang yang memiliki kedekatan baik dengan Allah, sehingga butuh bantuan agar doa dan harapan bisa lebih didengar dan diijabah oleh Allah SWT.
Demikian pembahasan mengenai perkembangan janin di usia kandungan 4 bulan dari dua sudut pandang. Semoga bermanfaat.
Baca Juga Artikel : Perkembangan Janin 13 Minggu

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: