Pahami Saat Kehamilan Memasuki Usia 6 Bulan

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 11:56 PM -
  • 0 comments
Bunda harus dapat memahami dengan baik kondisi janin yang dikandungnya. Apalagi ketika mulai masuk trimester ketiga. Usia kandungan 6 bulan menjadi gerbang pembuka untuk menuju ke fase trimester ketiga (biasanya usia kandungan 7 sampai 9 bulan).

Pada usia kandungan ini biasanya bunda akan banyak mengalami perubahan. Baik perubahan pada si kecil yang sedang dikandung maupun perubahan fisik. Berkaitan dengan perkembangan si kecil pada usia 6 bulan ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

Apa Saja yang Patut Dipahami Saat Usia Janin 6 Bulan?

Memahami kondisi kandungan penting untuk bunda, supaya nanti mengetahui apabila ternyata terjadi perubahan pada janin yang dikandung. Apalagi untuk para bunda yang baru pertama kali mengandung. Kali ini akan dibahas mengenai beberapa hal yang wajib diwaspadai bunda ketika memasuki masa kehamilan 6 bulan.
Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan

1. Ukuran Janin 6 Bulan Sebesar Apa?

Salah satu hal yang harus dipahami ketika memasuki masa usia kandungan 6 bulan adalah ukuran janin. Tentu kondisi pertumbuhan antara satu janin dan janin lainnya berbeda. Ukuran janin ini dapat dilihat melalui pemeriksaan USG.

Hanya saja secara umum janin pada waktu kehamilan 6 bulan memiliki berat sekitar 660 gram sampai dengan 1 kilogram. Berapa ukuran panjang dan berat dari janin berusia 6 bulan? Untuk ukuran panjangnya antara 35 cm sampai dengan 38 cm.

Bagaimana dengan janin yang ukurannya melebihi atau kurang dari ukuran tersebut? Sebaiknya permasalahan ini dikonsultasikan langsung dengan dokter spesialis untuk mengetahui apakah ada masalah pada janin atau justru perkembangan yang normal sedang berlangsung pada janin tersebut.

2. Asupan Nutrisi Ibu

Bagi ibu hamil yang memasuki masa usia kandungan 6 bulan masalah asupan nutrisi juga wajib dipenuhi dengan baik. Ini untuk memastikan jika janin dapat berkembang dengan baik melalui nutrisi yang diperoleh dari sang ibu. Ada nutrisi apa saja yang sebaiknya dikonsumsi ibu hamil 6 bulan? inilah beberapa di antaranya.

Sebaiknya pada usia kandungan 6 bulan, bunda banyak megnkonsumsi makanan yang mengandung protein cukup. Ini untuk memastikan nutrisi dasar yang digunakan untuk pertumbuhan janin dapat dipenuhi dengan baik.

Selanjutnya pastikan jika ibu mengkonsumsi karbohidrat sehat yang dapat membantu meningkatkan kesehatan ibu dan janin. Akan tetapi harus ingat untuk tidak mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan ya.

Ibu hamil juga sebaiknya mengkonsumsi buah-buahan yang disarankan oleh dokter untuk membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin.

3. Apabila Janin Usia 6 Bulan Tidak Bergerak

Pada usia 6 bulan biasanya janin sudah mulai aktif bergerak. Namun seringkali bunda dibuat khawatir oleh pergerakan janin yang mendadak berhenti. Ada banyak hal yang mendasari janin berhenti bergerak. Mulai dari janin tidur sampai dengan ketuban pecah dini. Sebaiknya periksakan pada dokter spesialis untuk mencari penyebab dari janin berhenti bergerak ini.

4. Janin Usia 6 Bulan Gerak Terus

Seperti halnya janin yang berhenti bergerak, janin yang terlalu aktif bergerak juga disebabkan banyak hal. Mulai dari hasil stimulasi janin terhadap makanan yang masuk sampai dengan usaha janin untuk mencari tempat yang nyaman. Namun, bunda juga harus waspada jika ada gerakan tidak berpola yang cenderung tiba-tiba dilakukan oleh janin.

5. Perkembangan Janin

Perkembangan janin dari waktu ke waktu juga menjadi hal yang harus diwaspadai oleh bunda. Apalagi di usia kehamilan 6 bulan ini akan ada banyak perubahan fisik yang hadir baik dari bunda maupun janin. Memahami perkembangan janin juga penting untuk memastikan bunda mengerti bagaimana kondisi janin yang dikandungnya. Baca Juga Artikel : Perkembangan Janin 13 Minggu



Usia kehamilan 6 bulan memang menjadi awal untuk mulai masuk trimester ketiga. Pada trimester inilah persiapan kelahiran sedikit demi sedikit dilakukan. Bunda dan ayah tentu harus memastikan semua berjalan lancar dengan memperhatikan hal-hal yang disebutkan di atas, bukan?

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: