Bunda Wajib Tahu 5 Perkembangan Janin Usia 6 Bulan Ini

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 11:59 PM -
  • 0 comments
Pada saat janin berusia 6 bulan berbagai perkembangan signifikan sudah mulai hadir. Untuk mengetahui perkembangan janin ini sebaiknya ibu terus melakukan kunjungan pada ginekolog secara rutin.

Kunjungan ini tidak hanya untuk mengetahui bagaimana perkembangan janin, masalah yang hadir pada saat kehamilan namun juga untuk melakukan berbagai tes terkait kesehatan janin. Sebenarnya secara umum perkembangan janin berusia 6 bulan adalah seperti yang akan diulas di sini.
Perkembangan Apa Saja yang Terjadi pada Janin Usia 6 Bulan?

Perkembangan janin memang semakin menakjubkan untuk diamati setiap harinya. Ada banyak hal yang harus dipahami terkait perkembangan janin berusia 6 bulan ini. Bagaimana perkembangannya secara umum? Berikut adalah perkembangan yang biasa terjadi pada janin berusia 6 bulan.
Perkembangan Janin Usia 6 Bulan
sumber: https://image.freepik.com/free-photo/young-pregnant-woman-touching-her-belly_1220-4383.jpg
Baca Juga Artikel : Perkembangan bayi 8 bulan


1. Berat dan Panjang yang Mulai Bertambah

Mungkin Anda bertanya, janin usia 6 bulan berat badan normalnya berapa? Rata-rata pertambahan berat janin mencapai 0,02 pon untuk tiap harinya pada usia kandungan 6 bulan ini.
Selain itu pertambahan panjang pada tangan dan tubuh janin juga dapat dilihat secara signifikan. Secara umum tubuh dan tangan janin tumbuh dengan ukuran kurang lebih 10 inci dan panjang tangan sampai dengan 0,8 inci.

2. Janin Mulai Mengkonsumsi Ketuban

Pada usia janin 6 bulan dikandungan ia mulai mencoba menelan cairan ketuban. Ini dapat dikatakan sebagai prosesnya untuk menyerap nutrisi yang terdapat pada ketuban tersebut. Berbagai nutrisi yang hadir pada ketuban juga dipercaya mampu memberikan banyak manfaat pada janin sebagai salah satu organisme yang sedang tumbuh.

Seiring dengan proses konsumsi ketuban yang dilakukan janin ini maka pada bagian usus janin juga sudah mulai mengandung mekonium atau yang lebih dikenal dengan kotoran mentah. Pada proses ini janin juga akan mulai mengalami cegukan-cegukan kecil dalam waktu-waktu tertentu.

3. Terbentuknya Bagian Otak

Usia kandungan 6 bulan memang menjadi masa dimana janin mulai banyak mengalami pertumbuhan organ-organ penting, termasuk salah satunya adalah sistem syaraf. Pada masa ini sistem syaraf janin sudah mulai terbentu dengan sempurna, termasuk pada bagian otak.

Ada dua bagian otak yang terbentuk di usia kandungan 6 bulan, yaitu pada bagian tengah serta pada bagian serebelum sampai dengan bagian ujung. Nantinya di penghujung kandungan bulan keenam berat otak dapat mencapai 0,2 kilogram. Di saat ini konvolusi otak juga sudah mulai dapat terlihat. Ia terus mengalami peningkatan seiring dengan berjalannya waktu.

4. Pergerakan Semakin Banyak

Lantas, janin 6 bulan sudah bisa apa? Semakin bertambah usia kandungan maka pergerakan dari janin mulai semakin terasa. Misalkan mulai dapat mengedipkan mata. Di usia kandungan ini juga janin sudah dapat melakukan gerakan-gerakan lain seperti mengepalkan dan membuka telapak tangan.
Pernah melihat hasil USG janin yang menghisap jarinya sendiri? Pada usia kandungan 27 minggu inilah bersamaan dengan tangan yang mulai dapat mengepal dan menutup janin sudah mulai dapat menghisap jarinya sendiri. Sungguh menarik, bukan? Baca Juga Artikel : Perkembangan Janin 13 Minggu

5. Mulai Bekerjanya Sistem Organ Utama

Dalam usia kandungan 6 bulan ada banyak sistem organ yang mulai tumbuh. Ini utamanya berlaku untuk sistem organ sentral, seperti pencernaan sampai dengan peredaran darah (ginjal sudah mulai bekerja). Organ seperti hati juga sudah mulai berfungsi dan bergerak menyimpan glikogen.
Paru-paru menjadi organ vital yang belum berkembang. Hanya saja di sini janin sudah mulai melakukan gerakan pernapasan yang konstan.

Perkembangan janin memang selalu menakjubkan dan sayang untuk dilewatkan para bunda. Jadi tak ada salahnya untuk melakukan cek up rutin untuk memastikan janin tetap sehat sembari mengamati perkembangan sang buah hati dari waktu ke waktu.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: