Berikut Cara yang Harus Bunda Ketahui di Trimester Kedua

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 1:20 AM -
  • 0 comments
Setelah lega telah melewatkan trimester peretama dengan penuh kebahagiaan melihat kondisi janin yang baik maka trimester kedua bunda akan lebih senang lagi karena bayi dala kandungan atau janin pada fase ini semakin kuat dibanding fase sebelumnya
Berikut Cara yang Harus Bunda Ketahui di Trimester Kedua

Pada fase minggu ke-13 sampai dengan minggu ke-27 ini mulai ada beberapa perubahan sangat baik pada bunda. Beberapa perubahan ini mungkin sangat luar biasa membuat bunda lebih berbeda dari biasanya. Tapi saya akan berbagi tips dengan bunda agar bunda lebih nyaman pada saat hamil.

Berikut Cara yang Harus Bunda Ketahui di Trimester Kedua

Ada beberapa rasa yang berbeda di trimester kedua. Rasa ini harus segera diatasi untuk memastikan agar bunda tidak berpikiran yang tidak-tidak serta bisa menjaga kesehatan janin. Inilah beberapa cara yang dapat dilakukan guna mengatasi rasa tidak nyaman yang hadir pada bunda di trimester kedua.

Pusing

Hal yang biasa yang biasa di rasakan pada trimester kedua adalah pusing atau mual yang biasa di sebut mengidam ketika masa kehamilan berlangsung.

Untuk membantu mengatasi hal ini sebaiknya perbanyaklah istirahat. Selain itu lebih baik ketika berbaring menghadap ke arah kiri untuk membantu agar tekanan darah kembali normal. Minum air putih dengan berlahan juga dipercaya mampu meringankan dampak rasa pusing ini.

Radang Gusi

Pada saat mengalami kehamilan ada hormon yang mengalami peningkatan, hormon tersebut adalah hormon steroid. Kehadiran hormon ini membuat gusi menjadi lunak. Di sisi lain sirkulasi darah yang menuju gusi pun meningkat. Hal ini yang kemudian membuat gusi menjadi lebih rentan dan gampang berdara.

Hal yang bisa membantu ini sebaiknya pilih sikat gigi dengan bulu yang lembut. Selain itu jangan lupa menggosok gigi dengan berlahan untuk memastikan gusi tidak berdarah serta berlanjut menjadi iritasi nantinya.

Perubahan Pada Kulit
Perubahan pada kulit juga akan dirasakan bunda pada trimester kedua ini. Umumnya pada kulit bunda akan muncul noda-noda hitam sebagai dampak dari produksi melanin yang hadir pada trimester kedua. Lebih baik bunda jangan terlalu kontak dengan sinar matahari.

Guna membantu meringankan hal ini sebaiknya jangan lupa mengunakan tabir surya ketika melakukan aktivitas di luar rumah. Namun, ingat untuk memilih tabir surya yang aman bagi ibu hamil.

Selain itu biasanya akan muncu stretch marks pada sekitar perut, paha hingga payudara yang terasa sedikit gatal. Gejala gatal ini dapat diatasi dengan mengoleskan pelembab.

Mengtahui Pertumbuhan Janin di Trimester Kedua

Berbagai dampak perubaan yang muncul pada ibu bukan tanpa alasan. Ini sekaligus sebagai tanda pertumbuhan janin pada trimester kedua. Berikut adalah tahapan dimana bayi tumbuh pada trimester kedua.
  • Kebahagiaan bunda ketika janin berusia 4 bulan sudah mulai terlihat jelas, Bahkan janin pada usia ini sudah bisa mendengar suara yang berasal dari luar perut.
  • Kebahagiaan bunda ketika janin berusia 5 bulan akan mulai muncul rambut-rambut halus pada bagian alis, sampai dengan bulu mata. Selain itu calon gigi janin juga sudah mulai terbentuk pada usia kandungan ini.
  • Kebahagiaan bunda ketika janin berusia 6 bulan menjadi waktu dimana paru-paru janin sudah mulai bekerja.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: