Yuk, Ketahui Perkembangan Janin pada Trimester Pertama!

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 1:12 AM -
  • 0 comments
Kabar bahagia untuk bunda kali ini dengan bertambahnya pengalaman tentang bagaimana tahapan perkembangan janin yang terjadi pada trimester pertama. Ini untuk menjawab pertanyaan para ibu yang menantikan dengan cemas tentang bagaimana janin berkembang. Ayo lihat lebih lanjut di bawah ini.
Yuk, Ketahui Perkembangan Janin pada Trimester Pertama!

Tumbuh Kembang Janin Trimester Pertama Setiap Bulan Akan Membuat Bunda Bahagia


Trimester pertama kehamilan adalah waktu yang paling mengkhawatirkan bagi para ibu. Karena pada trimester pertama kondisi janin masih rentan, ini membuat para ibu harus rajin memeriksa kehamilan untuk memastikan bagaimana kondisi janin yang dikandungnya.

Sebenarnya pada trimester pertama ada beberapa tahap perkembangan janin. Mari kita lihat tahapan perkembangannya di sini.

Perkembangan Janin Bulan ke-2

Pembentukan yang mengagumkan kondisi mulai terbentuk baik pada timester pertama. maka pada bulan kedua pembentukan janin yang lebih kompleks dimulai. Pada tahap ini tulang-tulang pada janin mulai terbentuk. Tidak hanya tulang, sistem saraf pusat seperti otak ke jaringan saraf tepi mulai membaikdi sini.

Nanti tunas akan tumbuh yang selanjutnya berkembang menjadi lengan dan kaki. Saluran pencernaan juga mulai terbentuk di sini bersama dengan panca indera janin.

Bahkan di bulan kedua ini, embrio sudah mulai bergerak. Meskipun ibu mungkin tidak bisa merasakan gerakan yang dilakukan oleh janin. Ukuran janin pada akhir bulan kedua umumnya mencapai 2,54 cm, sepertiga dari ukuran itu adalah kepala janin.

Perkembangan Janin Bulan ke-3

Ini bisa dilihat dari kondisi fisik janin yang mulai terbentuk sepenuhnya. Di mana kaki, tangan, lengan dan bahkan jari-jari janin sudah bisa terlihat.

Pada tahap ini organ reproduksi juga sudah mulai berkembang.

Pada tahap ini kuku janin dapat dilihat kemudian di jari tangan atau kaki. Calon gigi janin juga sudah mulai terlihat di bulan ketiga ini. Kemudian, pada akhir bulan ketiga, janin dengan panjang sekitar 7,6 hingga 10 cm dapat ditemukan, dengan berat sekitar 28 gram.

Tahap perkembangan janin ini pada trimester pertama memang menyenangkan untuk diamati. Bukan hanya untuk memastikan janin dipelihara dalam kondisi sehat, tetapi juga untuk memastikan bahwa sang ibu juga menjaga kesehatan agar tidak mempengaruhi kondisi janin nantinya.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: