Perkembangan Bayi 8 Bulan yang Baik

  • Posted by Gilang Biantara
  • at 4:23 AM -
  • 0 comments
Perkembangan bayi 8 bulan menjadi salah satu momen luar biasa untuk bayi. Mom juga pasti ikut menunggu kejutan apa yang diperlihatkan oleh bayi. Mom sering membandingkan perkembangan si bayi dengan bayi 8 bulan lainnya. Untungnya, telah banyak penelitian yang mampu menjelaskan perkembangan ideal bayi berusia 8 bulan ini.
Perkembangan bayi 8 bulan menjadi salah satu momen luar biasa untuk bayi. Mom juga pasti ikut menunggu kejutan apa yang diperlihatkan oleh bayi.
source:https://image.freepik.com/free-photo/mother-son-looking-window_8353-7762.jpg


Apa saja yang bisa dilakukan Bayi 8 Bulan ?


Lalu, apa saja yang bisa dilakukan oleh bayi berusia 8 bulan? Simak ulasan selengkapnya sebagai berikut.

Bayi Mulai Merangkak dan Belajar Berdiri Sendiri

Bayi 8 bulan mulai merangkak diawali dengan merayap. Merayap merupakan kondisi bayi 8 bulan mendorong tubuhnya dengan kedua tangan atau lutut. Kemudian menggunakan salah satu kaki mendorong tubuh dengan posisi tangan berlawanan tubuh sebagai tumpuan menarik. Bayi mulai merangkak berarti bayi mulai belajar memperkuat otot-otot tubuh terutama kaki.

Pada proses berdiri sendiri bayi akan melatih otot-otot kaki termasuk jari-jari kaki. Bahkan otot tangan juga semakin dilatih untuk mengangkat tubuhnya berdiri. Sebaiknya, Mom tidak memberikan baby walker pada masa ini agar otot kaki lebih siap untuk berjalan.

Bayi Aktif Mengeksplorasi

Pada usia 8 bulan, bayi aktif mengekplorasi. Mulai dari mainan yang diberikan hingga benda-benda yang ada dalam jangkauannya. Dengan begitu, bayi akan belajar untuk mengenal fungsi dari benda.  Mom bisa mulai memperbanyak mengenalkan nama-nama benda.

Perkembangan bayi 8 bulan juga bisa dilihat dari kesenangannya menjatuhkan benda. Kemudian melihat Mom mengambilkan benda tersebut untuknya berulang kali. Pada periode perkembangan ini, Mom juga bisa mengenalkan organ-organ tubuh seperti hidung, mata, teping dan lainnya. Pengenalan yang dilakukan ini akan semakin merangsang bayi untuk meniru suara dan mulai belajar berbicara.
Selain itu, Mom bisa mulai memanggil nama si bayi. Bayi akan belajar merespon ketika namanya dipanggil. Bahkan mulai merespon gerakan yang Mom lakukan terhadapnya.

Bayi Mulai Mengerti Perasaan Takut

Pada proses pengenalan, bayi sangat mungkin mulai merasa takut. Misalnya, suara bel rumah atau suara dering telepon. Bayi bisa saja tiba-tiba menangis atau menjerit. Mom dapat menenangkan bayi dengan memeluknya. Kemudian mengenalkan suara tersebut. Pada usia ini, bayi sudah mempunyai pendengaran yang sensitif. Sehingga bayi mulai mengenal suatu benda dari bunyi yang dikeluarkannya.
Untuk mendapatkan perkembangan ideal dari bayi berusia 8 tahun, Mom bisa melakukan beberapa stimulasi. Stimulasi ini diharapkan semakin mengoptimalkan kinerja perkembangan motoriknya. Misalnya, berjalan sambil berpegangan atau bermain mainan di dalam air. Namun, jika bayi Mom lahir dalam kondisi premature maka perkembangannya kemungkinan lebih lambat dari bayi lainnya. Hal tersebut wajar terjadi.

Itulah ulasan terkait perkembangan bayi 8 bulan yang ideal. Jika si bayi belum menunjukkan perkembangan di atas maka Mom tidak perlu langsung khawatir. Mom masih bisa melakukan rangsangan konvensional dengan menggerakkan kedua kaki dan tangannya. Mom juga bisa menunjukkan cara merangkak dengan mencontohnya langsung. Bahkan Mom juga bisa menunjukkan cara berdiri dan berjalan dengan suasana hangat dan menyenangkan.

Author

Bidan Putsel

Bidan Puput Sela Soraya, berbagi tulisan untuk membantu bunda dan si kecil.

0 comments: