Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Kebutuhan Gizi Anak Pada Usia Balita

kebutuhan Gizi anak

Kebutuhan gizi anak

Angka kebutuhan gizi atau AKG setiap orang tidak bisa disamakan. Begitu pula kebutuhan gizi anak yang harus disesuaikan dengan usia dan faktor lainnya. Orang tua wajib memastikan kebutuhan nutrisi anak selalu terpenuhi. Untuk mengimbangi aktivitas dan perkembangan tubuh mereka.

Kebutuhan gizi pada anak terbagi menjadi dua macam,yakni zat gizi makro dan mikro. Zat gizi makro ini dibutuhkan dalam jumlah banyak, untuk menunjang kebutuhan aktivitas harian anak. Sedang zat gizi mikro dibutuhkan dalam jumlah sedikit, namun harus selalu terpenuhi agar keseimbangan nutrisi anak tetap terjaga.

Lalu apa saja yang termasuk dalam zat gizi makro dan mikro yang harus dikonsumsi anak balita tersebut? Berikut kandungan penting yang berada di dalamnya.

kebutuhan Gizi anak

Kebutuhan gizi anak 

Karbohidrat

Karbohidrat jika dikonsumsi dalam porsi yang cukup akan memenuhi kebutuhan energi anak. Zat ini bisa diperoleh melalui nasi, roti gandum, atau kentang agar dapat mengisi keperluan energi. Serat yang cukup akan membuat anak merasa kenyang dalam waktu lama. Serta memiliki cukup energi untuk beraktivitas.

Protein

Tidak sulit untuk mendapatkan makanan yang mengandung zat protein ini. Bunda dapat memperolehnya dari tahu, tempe, ikan, telur, atau daging untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Anak balita masih dalam masa pertumbuhan sangat membutuhkan protein dalam jumlah tinggi. Sebab protein berperan penting dalam menunjang pertumbuhan tinggi mereka.

Vitamin

Vitamin merupakan bagian dari zat gizi mikro. Meski tidak dibutuhkan dalam jumlah banyak seperti pada zat makro, namun perannya tetap sangat penting. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan mata, vitamin D bagi kebutuhan metabolisme. Serta manfaat lain dari vitamin yang harus dipenuhi pada gizi harian anak. Vitamin dapat ditemukan pada berbagai sayuran dan buah-buahan.

Mineral

Dapat diperoleh dari susu keju, bayam, telur dan makanan super food lain. Mineral yang dibutuhkan anak berupa zat besi, kalsium dan seng. Mineral ini berfungsi untuk menjaga sistem imun pada anak balita agar tetap terjaga. Sehingga tidak mudah sakit.

Agar kebutuhan gizi anak selalu tercukupi, bunda harus memastikan zat makro dan mikro telah terpenuhi. Sehingga proses tumbuh kembang anak tidak terhambat. Semoga penjelasan ini dapat membantu bunda.

0 Response to " Kebutuhan Gizi Anak Pada Usia Balita"

Post a Comment