Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Contoh Menu Makanan Anak Usia 1 Tahun

makanan anak usia 1 tahun

Setelah berumur 1 tahun, anak-anak sudah bisa makan seperti makanan orang dewasa. Namun mereka masih belum bisa mengonsumsi makanan yang cukup keras. Jadi sang bunda harus bisa menyusun makanan anak usia 1 tahun agar sesuai dengan selera mereka.

Ketika akan menyusun menu, sebaiknya bunda pertimbangkan juga tekstur makanan yang akan dihidangkan. Meski sudah bisa menyantap masakan seperti orang dewasa, tetapi tetap ada yang belum bisa dimakan oleh anak kecil. Seperti masakan pedas atau yang bertekstur keras.

Lebih baik lagi jika anak diajak menyiapkan hidangan, agar timbul rasa penasaran akn rasanya. Memberi pengalaman saat mengolah masakan juga akan membangkitkan nafsu makan anak. Sebab mereka merasa telah ikut andil dalam menyiapkan masakan tersebut.

Bentuk yang menarik serta mudah disulap juga menjadi faktor penting dalam menyajikan makanan untuk anak yang baru berusia 1 tahun ini. Bunda bisa mengikuti beberapa resep berikut agar anak lahap memakannya. 

makanan anak usia 1 tahun

Menu sarapan

Sarapan di pagi hari bisa dengan memberikan sereal disertai susu hangat. Dalam sereal tersebut bisa ditambahkan buah favorit anak. Misalnya pisang, blueberry atau strawberry. Penambahan buah ini bisa menambah nafsu makan anak. 

Selain sereal, Anda juga bisa memberikan bubur ayam dengan toping yang lengkap. Kerupuk yang renyah biasanya dapat menarik perhatian anak saat makan pagi. Sedang nutrisi pada bubur bisa memenuhi semua kebutuhan gizi anak. 

Menu Makan Siang

Menu makan siang sudah dapat mengikuti apa yang dimakan oleh orang dewasa lain. Nasi yang lembut dengan sepotong ikan, serta sup ayam akan memberi energi pada anak. Sehingga mereka bisa beraktivitas sampai menjelang malam. 

Menu Makan malam

Untuk memenuhi kebutuhan makan malam anak, bunda dapat menyajikan daging panggang serta nasi yang lembut. Takaran untuk anak biasanya sebanyak ¾ bagian dari mangkok berukuran 250 ml. Paling penting adalah mencukupi kebutuhan kalori mereka sebesar 1000-1400 kkal. 

Selain tiga jadwal pemberian makanan di atas, bisa juga diselingi dengan memberikan cemilan seperti roti atau buah di sela jam makan. Pasti bunda selalu memberikan variasi menu makanan anak usia 1 tahun. Agar anak tidak cepat bosan dan selalu antusias dengan makanannya. 

0 Response to " Contoh Menu Makanan Anak Usia 1 Tahun"

Post a Comment