Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Jangan Asal Kasih! Pilih Makanan Bayi 6 Bulan Terbaik Untuk MPASI

makanan bayi 6 bulan terbaik

Untuk memberikan makan pada bayi yang paling tepat adalah usia 6 bulan, dan ungkapan tersebut pun sudah disepakati oleh banyak ahli. Makanan bayi 6 bulan terbaik tidak harus mahal, yang penting Bunda sudah paham dengan cara pemberian dan juga kandungan gizi yang akan diberikan pun sudah cukup.

Ditambah lagi saat ini sudah ada banyak bubur bayi yang dijual, baik itu dalam bentuk sachet sereal atau franchise makanan bayi. Dengan memberikan makanan bayi 6 bulan terbaik di awal, maka untuk selanjutnya Bunda tidak akan mengalami kerepotan saat akan memberikan makan.

Cara Tepat Berikan Makanan Bayi 6 Bulan Terbaik

Pada usia 6 bulan rata-rata bayi sudah mampu untuk duduk di kursi khusus bayi, tanpa bantuan. Tapi, agar lebih aman lagi sebaiknya pakaikan sabuk pengaman ada pada kursi makan khusus bayi.

makanan bayi 6 bulan terbaik

Saat bayi Bunda sudah mampu untuk makan makanan dengan tekstur yang lunak atau bubur nasi dari sendok. Maka ada baiknya bila Bunda memperkenalkan makanan bayi jenis lainnya pada bayi. Tidak harus secepatnya, namun lakukan dengan perlahan dan bertahap saat akan memberikan makanan jenis baru.

Berikan makanan tersebut pada bayi selama beberapa hari berturut-turut, dengan maksud agar bayi terbiasa dengan rasa dari makanan yang Bunda berikan. Selain itu juga untuk mengetahui dengan pasti apakah bayi memiliki alergi atau tidak pada makanan yang Bunda berikan.

Untuk memberikan makanan pada bayi berusia 6 bulan, sebaiknya diberikan makanan yang banyak mengandung gizi baik. Sayur dan buah-buahan adalah makanan yang tepat untuk bayi. Namun jangan asal pilih, karena ada beberapa buah atau sayur yang tidak direkomendasikan untuk bayi usia 6 bulan konsumsi. Seperti salak, nanas, semangka, durian, dan buah yang banyak mengandung getah. 

Sebaiknya berikan bayi buah dan sayur yang direkomendasikan oleh para ahli gizi, diantaranya:

Buah

Apel

Alpukat

Mangga

Pir

Pisang

Plum

Melon

Ubi jalar

Jambu

Pepaya

Buah naga

Sayur

Bayam

Labu Siam

Labu kuning

Brokoli

Wortel

Tomat

Kentang

Daun katuk

Sawi hijau

Jamur

Kacang-kacangan

Edamame

Kacang panjang

Kacang merah

Kacang hijau

Kacang almond

Kacang tanah

Kacang kedelai

Kacang polong

Untuk asupan protein bayi, maka Bunda bisa memberikan daging. Contohnya seperti ikan tanpa tulang atau ayam. Potong sampai halus daging sebelum dikonsumsi bayi. Berikan secara bertahap agar bayi tidak bosan dengan varian makanan yang Bunda sajikan.

Bagaimana, menarik bukan ulasan mengenai makanan bayi 6 bulan terbaik di atas? Semoga bermanfaat yah!

0 Response to " Jangan Asal Kasih! Pilih Makanan Bayi 6 Bulan Terbaik Untuk MPASI"

Post a Comment