Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Jangan Asal Pilih! Ini Loh Tips Pilih Makanan Bayi Sesuai Usia

makanan bayi sesuai usia

Berbagai cara orang tua lakukan agar bayi bisa tumbuh sehat dan juga cerdas, salah satunya adalah memberikan makanan sehat untuk bayi. Tapi, tetap makanan bayi sesuai usia tetap harus diperhatikan

Memiliki seorang bayi adalah salah satu cita-cita yang banyak diimpikan oleh setiap orang. Berbagai cara orang tua lakukan agar bayi bisa tumbuh sehat dan juga cerdas, salah satunya adalah memberikan makanan sehat untuk bayi. Tapi, tetap makanan bayi sesuai usia tetap harus diperhatikan yah!

Kenapa demikian? Karena usia pada bayi memiliki tekstur makanan yang berbeda. Oleh sebab itu sangat disarankan bagi orang tua baru untuk lebih paham dengan makanan bayi sesuai usia, agar perkembangan pada bayi juga bisa teratasi dengan baik.

Tips Pilih Makanan Bayi Sesuai Usia

Bayi usia 6 bulan tentu berbeda dengan bayi usia 10 bulan. Dan tahapan dalam pemberian makanannya pun juga dibedakan berdasarkan teksturnya. 

makanan bayi sesuai usia

Bila Anda adalah orang tua baru, maka sebaiknya jangan asal kasih makanan pada bayi yah. Tetap harus mengikuti syarat pemberian makan pada bayi seperti yang sudah dianjurkan oleh dokter.

Berikut ini adalah beberapa tips makanan bayi yang bisa disesuaikan dengan usianya. Diantaranya adalah:

Usia 4-6 bulan

Meski usia 4 bulan bukanlah usia yang tepat untuk memberikan bayi makan, tapi tidak ada salahnya untuk mengenalkan banyak rasa pada bayi. 

Tapi, dengan catatan kalau bubur yang diberikan tidak lebih dari 1 sendok makan. Dan jangan lupa buatlah bubur dengan tekstur yang sangat lembut atau cair. Umumnya bayi usia 4 bulan diberikan makanan bayi berupa bubur sereal yang dicampur dengan susu formula atau ASI.

Usia 6-8 bulan

Usia 6 bulan merupakan usia yang tepat dan disarankan untuk memberikan MPASI pada bayi. Tekstur bubur atau makanan yang diberikan masih sama dengan usia 4 bulan, yakni tekstur yang lembut. 

Sebaiknya berikan atau kenalkan bayi pada makanan yang mengandung banyak vitamin, seperti sayur dan buah-buahan yang kaya serat. Atau juga bisa dikenalkan dengan kacang-kacangan seperti edamame, kacang merah dan kacang hijau yang dihaluskan.

Usia 8-10 bulan

Bila bayi sudah berusia 8 sampai 10 bulan, maka tekstur makannya bisa diubah sedikit kasar. Tetap dihaluskan namun tidak terlalu halus. Karena usia 8 sampai 10 bulan, bayi sudah bisa mengunyah makanan dengan baik.

Usia 10-12 bulan

Bila usia bayi sudah matang, yakni 10 sampai 12 bulan. Maka, makanan yang bisa Anda berikan sudah bisa disamakan dengan tekstur makanan orang dewasa. Tapi, dengan catatan harus diberikan dengan porsi yang tepat.

Bagaimana, sudah mengerti bukan dengan makanan bayi sesuai usia? Semoga ulasan di atas bermanfaat yah!

0 Response to " Jangan Asal Pilih! Ini Loh Tips Pilih Makanan Bayi Sesuai Usia"

Post a Comment