Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Tips Agar Tidak Cepat Lelah Saat Mengajak Anak Aktif Bermain Selama Berpuasa

anak aktif

Saat berpuasa merupakan saat dimana tubuh akan cepat lelah. Apalagi kalau memiliki anak aktif usia 2 tahun. Tentu harus ada tips yang tepat, apa saja itu?

Bagi anak usia 2 tahun, bulan puasa adalah bulan yang sama dengan bulan-bulan lainnya. Usia 2 tahun belum diwajibkan untuk berpuasa, tapi orang tua tetap harus menjalani puasa. Tidak jarang anak aktif saat orang tuanya sedang puasa. Sehingga membuat orang tua mudah lelah dan kurang memperhatikan anak.

Lalu, apakah ada cara yang tepat agar saat anak aktif dan orang tua yang sedang menjalani puasa tetap bisa memperhatikan bahkan bermain bersama anak? 

Cara Agar Tidak Cepat Lelah Saat Mengajak Anak Aktif Bermain Selama Berpuasa

Memiliki anak yang aktif tentu menjadi impian orang tua. Karena anak yang aktif menandakan anak tersebut sehat, apalagi usia 2 tahun adalah usia dimana anak masih dalam tahap yang masih sangat aktif.

Tentu dibutuhkan tenaga yang ekstra saat mengajak anak bermain selama berpuasa. Tapi selama puasa tentunya tidak sama dengan bulan-bulan lainnya. Anda harus menahan diri, tidak hanya menahan lapar dan haus tetapi juga emosi.

anak aktif

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tidak mudah lelah saat bermain dengan anak selama berpuasa. Diantaranya:

Konsumsi vitamin setelah sahur

Vitamin merupakan kandungan yang baik untuk tubuh, apalagi saat berpuasa tubuh akan cepat sekali merasa lelah. Dengan mengkonsumsi vitamin maka bisa membantu tubuh Bunda fit meski saat berpuasa. 

Konsumsi sayur dan buah

Usahakan untuk mengkonsumsi sayur dan buah selama sahur. Makan makanan yang kaya dengan kandungan gizi baik sangat diperlukan selama berpuasa. Dengan begitu bisa menjaga daya tahan tubuh agar selalu segar. 

Kurangi konsumsi gula

Ada baiknya bila saat sahur tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula berlebih. Karena kandungan gula bisa membuat tubuh menjadi mudah lelah. Sehingga saat bermain bersama anak menjadi tidak nyaman.

Minum 2 gelas air putih

Sebelum imsak ada baiknya juga bila Bunda minum air putih yang banyak. Banyak yang dimaksud adalah cukup 2 gelas saja. Dengan demikian bisa menjaga cairan dalam tubuh tetap terjaga dari pagi sampai sore hari. Dan momen bermain bersama anak pun tetap berjalan dengan menyenangkan.

Istirahat yang cukup

Jangan lupa untuk istirahat yang cukup, caranya adalah dengan mengajak anak tidur saat siang hari. Setelah menjalankan ibadah sholat, maka Bunda bisa mengajak untuk tidur siang. Agar saat sore hari bisa kembali segar.

Demikianlah tips menjaga kesehatan tubuh agar selalu fit saat mengajak anak aktif bermain. Semoga ulasannya bermanfaat yah!

0 Response to " Tips Agar Tidak Cepat Lelah Saat Mengajak Anak Aktif Bermain Selama Berpuasa"

Post a Comment