Tips Memberi Makan Bayi Sesuai Usia Yang Benar

makanan bayi sesuai usia

Ketika bayi mulai menginjak usia 6 bulan maka dianjurkan untuk memberinya makanan padat khusus bayi untuk pendamping ASI. Selain karena usia yang tepat untuk memberinya makanan, dengan mengetahui makanan bayi sesuai usia maka mom akan tahu kebutuhan nutrisi si kecil. Di bawah ini tips memberi makan bayi sesuai dengan usianya yang benar.

Makanan Bayi Sesuai Usia

1. Usia 0-4 bulan

Pada usia ini bayi masih belum mempunyai sistem pencernaan yang sempurna. Maka dari bayi masih belum dapat untuk mencerna makanan yang padat. Pada usia tersebut sebaiknya berikan bayi ASI eksklusif atau susu formula agar dapat memenuhi kebutuhan nutrisinya.

makanan bayi sesuai usia

2. Usia 4-6 bulan

Pada usia ini bayi sudah bisa duduk dengan tegak dan membuat sistem pencernaannya bisa lebih berkembang dan siap untuk mencerna makanan yang padat. Tetapi mom perlu pastikan bahwa jangan memberi si kecil makan dalam jumlah yang banyak. Sebab pada usia ini ASI atau susu formula masih menjadi makanan utama untuk bayi.

3. Usia 6-8 bulan

Masuk usia 6 hingga 8 bulan si kecil pasti sudah mampu untuk duduk sendiri pada kursi makan khusus bayi. Pada usia ini sebaiknya mom perlu memperkenalkan si kecil dengan makanan seperti sayur atau buah yang tentu saja dihaluskan lebih dulu.

4. Usia 8-10 bulan

Pada tahap ini bayi sudah bisa makan bubur bersama ASI serta dapat mengunyah makanan yang sudah memiliki tekstur yang lebih kasar. Di usia ini mom perlu memberinya makanan yang dihaluskan namun tidak sampai menjadi bubur.

5. Usia 10-12 bulan

Pada usia 1 tahun bayi sudah bisa mengonsumsi makanan sama dengan orang dewasa. Mulai dari keju hingga yogurt. Tetapi mom juga perlu memberi makanan tersebut dalam potongan yang kecil agar si kecil dapat mengunyahnya.

Itulah beberapa tahapan makanan bayi sesuai usia. Hal tersebut bisa menjadi pedoman untuk mom saat si kecil sudah mulai bisa mengonsumsi makanan pertamanya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Comments