Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Aturan Pemberian Susu untuk Bayi Usia 0-12 Bulan

Susu untuk Bayi Usia 0-12 Bulan

World Health Organization (WHO) dan American Academic of Pediatric (AAP) menganjurkan pemberian ASI eksklusif pada bayi yang baru lahir. Idealnya seorang bayi mendapatkan ASI secara eksklusif hingga usia 6 bulan sejak kelahirannya. Meskipun begitu, ada beberapa kondisi dimana si Kecil tidak bisa mengonsumsi ASI eksklusif misalnya seperti produksi ASI yang menipis atau kondisi lainnya. Karena kondisi tersebut, mau tidak mau Bunda harus memberikan susu sebagai pelengkap atau pengganti ASI. Berikut ini ada beberapa aturan pemberian susu untuk bayi usia 0-12 bulan yang bisa Bunda ikuti:

Perhatikan Jumlah dan Frekuensi Pemberian Susu

Hal paling penting yang harus Anda perhatikan ketika akan memberikan susu pada bayi adalah jumlah dan frekuensi pemberiannya. Bayi yang baru lahir bisa menghabiskan susu sebanyak 45-90 mililiter. Perhatikan juga usianya ketika ingin memberikan susu karena setiap tahapan usia bisa berbeda.

Susu untuk Bayi Usia 0-12 Bulan

Pastikan Botol Selalu Bersih

Kebersihan botol yang digunakan untuk meminum susu harus dijaga dengan baik. Pasalnya susu lebih mudah terpapar bakteri dan kuman dibandingkan dengan ASI yang jauh lebih steril. Tidak hanya botolnya saja namun juga dot dan tutup botolnya.


Gunakan Botol Khusus

Botol susu yang direkomendasikan untuk bayi adalah botol yang memiliki label BPA-free. Selain itu, botol juga harus terbuat dari polipropilen dan polietilen yang aman bagi bayi usia 0-12 bulan.

Perhatikan Cara Membuat Susu yang Baik

Susu untuk bayi usia 0-12 bulan harus dibuat dengan baik dan benar. Pastikan bahwa tangan Bunda dalam keadaan bersih sebelum membuat susu. Ikuti saran dan petunjuk cara penyajian pada bagian kemasan.

Perhatikan Penyimpanan Susu

Selain cara pembuatannya, Bunda juga perlu tahu cara menyimpan susu yang belum dibuat. Agar tidak terkontaminasi dengan bakteri. Sebaiknya simpan susu yang belum dibuat di dalam lemari es dengan suhu kurang dari 5 derajat celcius.

Itulah aturan yang harus Anda perhatikan ketika memberikan susu untuk bayi usia 0-12 bulan. Jika masih ragu, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan Bidan Sela untuk menentukan susu yang tepat bagi si Kecil. Tanyakan apa saja hal yang ingin ditanyakan mengenai pemberian susu yang tepat. Kontak Bidan Sela bisa Anda dapatkan di website resminya yaitu bidansela.com.

0 Response to "Aturan Pemberian Susu untuk Bayi Usia 0-12 Bulan"

Post a Comment