Cara Mendidik Anak Kekinian

Cara Mendidik Anak

Mendidik anak pada zaman kekinian tentu ada tantangan tersendiri. Tidak bisa serta merta disamakan dengan cara mendidik anak pada zaman dahulu. Pada zaman kekinian, kehadiran alat-alat digital tentu membuat para orang tua harus beradaptasi, apalagi dalam hal mendidik anak. Sebagian besar anak-anak baik di perkotaan maupun pedesaan pasti sudah mengenal gadget. Sebagai orang tua tentu tidak bisa melarang anak begitu saja, bahkan bagi sebagian orang tua tidak masalah anaknya bermain gadget asalkan tidak mengganggu pekerjaannya. Bagaimana cara mendidik anak kekinian yang tepat? Simak beberapa tips berikut ini!

Melakukan Komunikasi Dua Arah

Cara mendidik anak yang pertama yaitu komunikasi dua arah. Artinya, bahwa orang tua tidak serta merta melarang anak bermain gadget, namun juga harus menjadi pendengar dan pemberi solusi terbaik bagi permasalahan anak. Orang tua harus berkomunikasi kepada anak, membahas hal-hal apa saja yang tidak boleh dilihat dan tidak pantas dilakukan anak. Orang tua juga harus memberikan penjelaskan bagaimana cara menggunakan gadget yang bijak.

Cara Mendidik Anak

Memonitoring Aktivitas Anak

Orang tua wajib memberikan batasan waktu anak bermain gadget secara jelas. Tentu saja dalam membuat aturan ini harus dengan kesepakatan anak. Selain batasan waktu, orang tua juga harus membuat kesepakatan dengan anak, konten apa saja yang boleh dilihat. 

Mengembangkan Bakat Anak

Banyak sekali manfaat dari era digital apabila mampu memanfaatkannya dengan bijak. Melalui kecanggihan teknologi dan internet, suasana belajar anak pasti akan lebih menyenangkan dan tidak membosankan. Apabila anak memiliki bakat bernyanyi, orang tua dapat memutar video-video bernyanyi bagi anak-anak. Hal ini akan mengasah bakat anak.

Pendidikan Agama Sejak Dini

Nilai-nilai agama yang diperoleh anak sejak dini akan terpatri di dalam sanubari anak sampai kapan pun. Tanamkan nilai-nilai keagamaan anak melalui kecanggihan teknologi. Sekarang ini banyak sekali media pembelajaran agama untuk anak, tinggal tentukan dan manfaatkan.

Memberikan Contoh yang Baik

Orang tua juga harus memberikan contoh yang baik bagi anak-anaknya. Percaya tidak percaya, anak pasti akan melihat dan meniru apa yang dilakukan orang tuanya. Itu tadi 5 cara mendidik anak di era kekinian.

Comments