Menu Gizi Seimbang Untuk Anak

Gizi Seimbang Untuk Anak

Gizi seimbang untuk anak

Pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil tak terasa telah melewati tahun pertama kehidupannya. Kini Si Kecil memasuki memasukui tahap baru dalam proses tumbuh kembangnya, di mana perkembangan mental dan kognitif lebih diasah. Untuk mendukung hal tersebut kebutuhan makanan sehat dan gizi seimbang untu anak sangat penting. pada usia balita mencukupi kebutuhan gizi sehari- hari melalui beragam jenis makanan dengan porsi yang seimbang merupakan langkah awal untuk mengoptimalakan tumbuh kembangnya.

Makana yang dapat dikatakan sehat dan bergizi seimbang adalah makanan yang terdiri dari lima kelompok makanan utama. Menu seimbang merupakan kombinasi dari berbagai bahan berikut:

Gizi Seimbang Untuk Anak

Karbohidrat

Makanan yang mengandung karbohidrat diantaranya basi, roti, sereal, kentang, atau mie. Kenalkan beragam karbohidrat secara bergantian. Selain sebagai menu utama karbohidrat karbohidrat bisa diolah sebagai makanan selingan seperti pudding roti atau donat kentang yang sangat lezat.

Protein

Bunda bisa berikan makanan yang mengandung protein seperti ikan, susu, daging, telur, kacang- kacangan dan sebagainya. Anamun jika timbul alergibunda bisa ganti dengan sumber protein lain. Untuk vegetarian gabungkan konsumsi susu dengan minuman berkadar vitamin C tinggi untuk membantu penyerapan zat besi.

Lemak 

Lemak sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang Si Kecil kandungan omega 3 dan omega 6 sangat bagus untuk tumbuh kembang anak. kandungan lemak terdapat dalam minyak, susu, santan, mentega, ikan salmon dan masih banyak lagi yang dapat digunakan untuk menu makanan Si Kecil secara bergantian. Agar kebutuhan gizi terpenuhi.

Buah dan sayur

Buah dan sayur mengandung zat gizi dan vitamin yang berbdeda. Bunda bisa berikan buah dan sayur dengan diolah menjadi jus atau dimakan langsung.

Susu dan produk olahannya

Susu dan produk olahannya merupakan sumber kalsium dan zat gizi yang bagus dan dapat mendukung proses tumbuh kembang anak. bunda bisa memberikan susu pertumbuhan, keju dan yoghurt untuk memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil.

Semua menu gizi seimbang harus diperoleh tubuh anak agar kebutuhan gizinya terpenuhi dan anak akan tumbuh dengan optimal.

Comments