Cara Memenuhi Gizi Anak Yang perlu Bunda Ketahui

Kebutuhan Gizi Anak

Kebutuhan gizi anak

Masa tumbuh kembang anak dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang diperoleh tubuh. Sehingga Bunda sangat perlu memperhatikan kebutuhan gizi anak agar terhindar dari stunting, daya tahan tubuh yang lemah dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Tidak hanya itu saja, gizi yang seimbang juga membuat anak memiliki energi yang cukup dan lebih aktif. Untuk itu ada beberapa cara untuk memenuhi kebutuhan gizi yang dubutuhkan anak diantaranya:

Biasakan anak untuk sarapan sejak dini

Cara bunda memenuhi kebutuhan anak yang pertama dalah dengan membiasakan anak untuk sarapan pagi. Karena sarapan bagi anak usia dini bermanfaat untuk membentuk pola makan sehat dan bisa menjadi cara yang efektif untuk memenuhi kebutuhan SI Kecil.

Kebutuhan Gizi Anak

Ajrakan anak untuk makan menu sehat

Dalam memenuhi kebutuhan gizi SI kecil bunda bisa ajarkan anak untuk makan menu sehat, seperti membiasakan anak makan sayuran, buah, sereal, daging sapi, ikan, ayam, susu dan yoghurt secara bergantian.

Mengolah bahan makanan sesuia dengan tahapan usia anak

Dalam memberikan makan untuk anak yang usia 1- 5 tahun, hendaklah berikan makanan dengan potongan lebih kecil dan tekstur tidak terlalu keras. Berikan makanan yang tidak membosankan dari segi rasa maupun menunya. Buatlah jadwal menu harian Si Kecil dengan aneka menu yang menarik supaya anak mau makan dan gizi yang dibutuhkan terpenuhi.

Berikan anak makanan cemilan atau maknan selingan yang sehat

Memberikan SI Kecil cemilan sehat merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuha gizi Si Kecil. Berikanlah cemilan seperti potongan buah apel, yoghurt, roti isi tuna dan yang lainnya yang mampu menyeimbangkan nutrisi dan gizi anak. Hindari memebrikan cemilan seperti coklat dan permen karena dapat merusak gigi anak. Tidak hanya itu, Bunda juga harus memperhatikan jarak menikmati cemilan dengan waktu makan utama.

Mengetahui cara memenuhi kebutuhan Si Kecil dapat mmbantu bunda dalam memberikan menu gizi seimbang yang dapat memenuhi kebutuhan gizi anak. agar anak tumbuh dengan optimal.

Comments