Angka Kebutuhan Gizi Anak 1 Tahun

Kebutuhan gizi anak 1 tahun

Kebutuhan gizi anak 1 tahun

Pada awal masa kehidupan anak merupakan masa- masa yang sangat penting. karena pada masa tersebut proses pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil sangat pesat. Oleh sebab itu nutrisi anak harus diperhatikan dan dipenuhi dengan baik. menginjak usia 1 tahun ASI bukan merupakan nutrisi utama namun ASI masih sangat penting untuk nutrisi anak , menjaga kekebalan tubuh dan untuk kesehatan anak. 

Pada usia tersebut makanan merupakan sumber nutrisi yang utama. Sehingga kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun harus dipenuhi dari makanan yang ia konsumsi. Kebutuhan gizi anak harus dapat terpenuhi baik itu kebutuhan zat gizi makro maupun mikro harian Si Kecil. Angka kebutuhan Gizi (AKG) harian anak harus dipenuhi.

Kebutuhan gizi anak 1 tahun

Berikut daftar Angka Kebutuhan gizi harian anak

Angka kebutuhan zat gizi makro

Enrgi: 1125 kkal

Protein: 26 gram

Lemak: 44 gram

Karbohidrat: 155 gram

Serat: 16 gram

Air: 1200 milliliter (ml)

Selain zat gizi makro. Bunda harus ketahui juga kebutuhan zat gizi mikro harian anak yaitu sebagai berikut:

Vitamin 

Vitamin A: 400 mikrogram (mcg)

Vitamin D: 15 mcg

Vitamin E: 6 milligram (mg)

Vitamin K: 15 mcg

Mineral 

Kalsium: 650 mg

Fosfor: 500 mg

Magnesium: 60 mg

Natrium: 1000 mg

Kalium: 3000mg

Zat besi: 8 mg

Untuk memperoleh anak yang tumbuh kembangnya optimal maka angka kebutuhan gizi harian Si Kecil harus dipenuhi dengan baik. dengan menu sehat gizi seimbang  setiap harinya maka kebutuhan gizi untuk anak 1 tahun dapat terpenuhi. Bunda harus memberikan aneka makanan yang sehat dan juga bergizi. 

Alangkah baiknya jika bunda sendiri membuat makanan untuk anak, dengan diolah sedemikian rupa baik menu maupun rasanya agar anak bersemangat untuk makan. Karena anak yang susah makan akan menghambat pemenuhan gizi yang diperlukan tubuhnya, sehingga angka kebutuhan gizi harian anak tidak terpenuhi.

Comments