Beberapa Jenis Makanan Anak Usia 1 Tahun

Makanan Anak Usia 1 Tahun

Ketika bayi sudah menginjak umur satu 1 tahun, peran ASI tidak lagi menjadi ASUPAN makanan yang utama, namun tetap menjadi nutrisi penting dan perlindungan dari penyakit. Dalam periode ini, makanan selain ASI menjadi sumber utama dari nutrisi dan energy Si Kecil. Namun walaupun bukan merupakan sumber utama Bunda tetap harus memberikan ASI pada Si Kecil sampai usia 2 tahun. 

Makanan anak usia 1 tahun harus beraneka ragam dan memenuhi kebutuhan Gizi Si kecil. Angka kebutuhan Gizi anak 1 tahun adalah 1125 kkal, sedangkan angka kecukupan protein adalah 26 gram. Kandungan gizi pada ASI saat bayi berusia 1 tahun adalah 350 kkal dan 8 gram protein. Jadi anak membutuhkan makanan dengan kandungan gizi sebesar 775 kkal dan 18 gram protein dalam sehari.

Makanan Anak Usia 1 Tahun

Oleh karena itu sangat penting sekali anak usia 1 tahun untuk makan makanan dengan gizi seimbang agar proses tumbuh kembangnya optimal. Jenis makanan anak dengan orang dewasa sangatlah berbeda, oleh karena itu Bunda tidak bisa samakan jenis makanan yang dikonsumsi orang dewasa dengan anak 1 tahun.

Jenis makanan untuk anak 1 tahun menurut UNICEF adalah sebagai berikut

Nasi, umbi, gandum, dan biji- bijian sebagai sumber karbohidrat

Daging merah, daging ayam, ikan, dan hati sapi sebagai sumber protein hewani

Kacang- kacangan, tahu, dan tempe sebagai sumber protein nabati

Sayur dan buah- buahan sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat

Telur sebagai sumber protein, lemak, vitamin, serta mineral

Produk turunan susu seperti susu, keju, yoghurt, dan lain sebagainya.

Bnda bisa kreasikan beberapa jenis makanan sehingga lebih menarik dan juga enak, agar Si Kecil bersemangat untuk makan. Usahakan untuk menu setiap harinya berbeda namun dapat memenuhi gizi Si Kecil, agar tidak bosan dengan makanan tertentu. Makanan yang Si Kecil konsumsi akan berpengaruh terhadap tumbuh kembangnya. Sehingga kecukupan gizi merupakan hal utama yang harus dipenuhi. Agar kelak tumbuh menjadi anak yang sehat dan juga cerdas.

Comments