Beberapa Makanan Terbaik Untuk Bayi 6 Bulan

Makanan Bayi 6 BUlan Terbaik

Makanan bayi 6 bulan terbaik

Proses tumbuh kembang anak sangat penting untuk diperhatikan ya Bunda. Nutrisi makanan merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi proses tumbuh kembang anak. oleh karena itu memilih makanan terbaik untuk bayi merupakan hal yang harus BUnda lakukan. Agar anak dapat tumbuh dengan optimal. Pada usia 6 bulan perkembangan bayi sudah dapat menyangga kepalanya sendiri dan mulai tertarik dengan makanan yang ada di dekatnya. Inilah saatnya memulai memberikan makanan bayi 6 bulan terbaik yang direkomendasikan untuk memberikan makanan pendamping ASI atau MPASI.

Saat SI Kecil baru mulai MPASI hal pertama yang perlu Bunda perhatikan adalah memberikan makanan dengan tekstur halus sesuai kemampuan bayi dalam mencerna makanan dan kenalkan bayi dengan aneka ragam makanan alami buatan sendiri dengan menjaga kualitas dan nutrisi makanan tersebut.

Makanan Bayi 6 BUlan Terbaik

Berikut beberapa makanan terbaik untuk bayi 6 bulan yang bisa Bunda berikan:

Pisang 

Pisang mengandung serat, vitamin A, fosfor, asam folat dan kalium yang aman bagi perut bayi. Bunda bisa langsung memberikan pisang yang sudah matang sempurna dengan cara melumatkannya dengan garpu, lalu tambahkan ASI untuk mengencerkannya.

Alpukat

Alpukat mengandung banyak vitamin A, vitamin C, magnesium, serta lemak baik yang dibutuhkan oleh bayi untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kemampuan motoriknya.

Wortel

Sayur- sayuran sangat baik untuk bayi karena kaya akan vitamin dan mineral. Salah satu sayuran yang sejak dulu paling banyak direkomendasikan adaalah wortel sebagi proses pengenalan makanan pada bayi. Karena merupakan sumber vitamin A dan mineral yang tinggi. Bunda bisa merebus terlebih dahulu kemudian menjadikannya puree yang akan diberikan kepada SI Kecil.

Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan makanan yang tinggi kalori serta merupakan salah satu makanan sehat sumber betakaroten tinggi yang bisa membantu tubuh memproduksi vitamin A. Ubi jalar juga mengandung vitamin C yang memiliki anti-oksidan untuk membantu meningkatkan sistem pertahanan tubuh, serta serat untuk membantu mencegah sembelit.

Labu kuning

Labu kuning merupakan salah satu sayuran tinggi serat yang memiliki banyak kandungan nutrisi penting untuk bayi. Diantaranya beta karoten, vitamin A, vitamin C, vitamin K dan Niacin atau vitamin B. selain itu labu kuning kaya akan mineral, seperti kalium, zat besi, fosfor, magnesium dan kalsium. Rasanya yang manis dan teksturnya yang mudah dilumatkan sangat cocok untuk bayi yang memulai MPASI.

Serealia

Karbohidrat merupakan sumber energi untuk mendukung tumbuh kembang bayi. Bunda bisa berikan sumber karbohidrat dari aneka serealia, seperti beras putih, beras merah, atau gandum. Sajikan dalam bentuk bubur saring atau bubur susu yang mudah dicerna bayi.

Nah, itulah beberapa makanan bayi 6 bulan terbaik yang bisa Bunda berikan pada Si Kecil untuk mendukung proses tumbuh kembangnya.

Comments