Tahapan Tekstur Makanan Bayi Sesuai Usia

Makanan Bayi sesuai Usia

Usia 6 bulan merupakan usia bayi secara umum diberikan makanan padat sebagai pendamping ASI. Namun ada juga bayi yang memulai makan pada usia bayi 4 bulan, jika mengalami masalah berat badan yang kurang. Maka Bunda bisa memulai MPASI pada usia 4 bulan. Dalam pemberian makanan padat pada bayi pada awal memulai MPASI hendaklah Bunda memperhatikan tekstur makanan yang diberikan. Tekstur makanan bayi sesuai usia dapat membantu bayi mempermudah dalam mengunyah dan mencerna makanan.

Berikut adalah tahapan tekstur makanan bayi sesuai usia

Usia 4- 6 bulan

Makanan Bayi sesuai Usia

Untuk bayi yang baru pertama kali makan, makanan harus dihaluskan sedikit cair dengan ditambahkan ASI atau Susu Formula pada makanannya sehingga menjadi bubur (pure). Sebaiknya tekstur pertamanya tidak terlalu kental maupun tidak terlalu encer seperti air. berikanlah secara perlahan dalam membiasakan Si Kecil dengan makanan padat.

Usia 7- 9 bulan

Pada usia 7- 9 bulan tekstur makanan ditingkatkan kekentalannya secara perlahan dan teratur. Jika awalnya bayi diberikan bubur, terus tingkatkan teksturnya hingga menjadi kental. Menginjak usia diatas 8 bulan lebih baik makanan yang diberikan tidak diblender tetapi bisa dihancurkan dengan misher. Walaupun makanannya tergolong lumat namun masih ada komponen padat di dalamnya. Sedangkan untuk usia 9 bulan Bunda bisa berikan Si Kecil nasi tim.

Usia 10- 12 bulan

Pada rentang usia 10- 12 bulan bayi sudah mulai mengkonsumsi makanan yang semakin kasar.  Nasi tim dapat perlahan- lahan ditingkatkan menjadi nasi lembek. Bunda bisa teruskan menaikan tekstur hingga akhirnya bayi bisa mengkonsumsi nasi pada usia yang ke- 1 tahun. Sebaiknya pada rentang usia ini Si Kecil sudah menerima makanan komplit. Mulai dari nasi, lauk pauk, dan sayur dalam piring makanannya.

Dalam memberikan makanan bayi sesuai usia lebih baik Bunda memberikan makanan rumahan yang diolah sedemikian rupa agar bayi memakannya. Dengan memberikan makanan tersebut dapat membiasakan anak untuk menyukai makanan rumahan. Tetapi jika Bunda tidak memiliki cukup waktu maka bisa berikan makanan instan yang tekstur dan nutrisinya sesuai dengan Usia Anak Bunda.

Comments