Tips Mendidik Anak Balita Aktif

Mendidik Anak Balita Aktif

Cara mendidik anak balita aktif

Mangasuh anak yang terbilang aktif dari anak seusianya, tentunya Bunda memerlukan kesabaran dan tenaga ekstra dalam menghadapi Si kecil. Bunda tidak perlu khawatir akan tingkah laku Si Kecil yang tiba- tiba menjadi sangat aktif, seperti berlari- larian kesana- kesini, memainkan benda apa saja yang ia temui, cerewet dan masih banyak lagi hal- hal yang dilakukan Si Kecil ketika sedang berada dalam masa- masa aktifnya. 

Namun prilaku aktif yang dilakukan anak tidak selalu menjadi sebuah kenakalan sehingga Bunda tidak perlu memarahi anak, akan tetapi Bunda mendidik anak balita aktif dengan mengarahkan prilaku aktifnya untuk hal yang baik dan positif.

Berikut tips mendidik anak balita aktif:

Mendidik Anak Balita Aktif

Beri si kecil Kepercayaan, Bunda jangan mudah khawatir

Bunda jangan mudah khawatir jika Si Kecil banyak bergerak, jangan sedikit- sedikit meneriakinya agar tidak menyentuh ini, melempar itu, dan berlarian kemana- mana. Namun Bunda harus memberikannya kepercayaan untuk mengeksplor wilayah sekitarnya. Semakin Bunda mengekangnya maka perilaku anak akan semakin tak terkendali.

Awasi anak

Anak balita yang aktif tentunya suka bergerak dan tidak kenal lelah. Ia bisa kemana saja sesuka hati mereka tanpa peduli mana yang aman dan bahaya untuk mereka. Oleh karena itu Bunda perlu mengawasinya, tetapi mengawasi bukan berarti memperketat kegiatan anak. Bunda cukup pastikan anak tetap berada di lokasi yang aman atau mainan yang digunakan aman.

Beri Tahu kapan waktu istirahat

Meski anak tidak kenal lelah bermain, Bunda harus tetap beritahu Si Kecil bah ia butuh istirahat. Ketika waktu tidur siang tiba Bunda harus mengajak anak baik- baik untuk tidur. Jangan sampai anak dibiarkan kelelahan dan jam tidur malam harinya terganggu karena melewati jam tidur siang.

Berikan anak tanggung jawab

Di usia balita. Anak belum memahami betul yang disebut tanggung jawab. Akan tetapi Bunda bisa mulai mendidik anak balita agar mengenal tanggung jawab sejak dini. Mulailah membiasakan anak melakukan tugas pekerjaan rumah, seperti membuang sampah, membereskan mainannya sendiri, menaruh piring di tempat cuci piring dan sebagainya. Selain mengenalkannya tanggung jawab, cara ini bisa membantu menumbuhkan kemandirian pada anak.

Mendidik anak balita aktif memang bukan perkara yang mudah, akan tetapi jika dilakukan ddengan penuh kesabaran dan juga didikan yang tepat maka Si Kecil akan menjadi pribadi yang menyenangkan dan baik terhadap sekitarnya.

Comments