Cara Mendidik Anak Usia 3 Tahun Yang Tepat

cara mendidik anak

Cara mendidik anak

Perkembangan dan pertumbuhan SI Kecil merupakan momen yang selalu ditunggu- tunggu oleh setiap orang tua. Karena proses pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil hanya terjadi satu kali dan tidak dapat diulang. Saat memasuki usia 3 tahun anak sudah semakin pintar dan kritis, di usia ini anak mulai belajar mandiri.  

Pada usia 3 tahun Si Kecil sudah memiliki perkembangan baru seperti menyebut namanya sendiri, bisa belajar menghitung dan menggambar, yang merupakan tahap umum perkembangan anak usia 3 tahun. Memasuki usia 3 tahun, pola asuh dan cara mendidik anak harus disesuaikan dengan usianya, agar Si Kecil bisa aktif, cerdas dan mandiri.

cara mendidik anak

Berikut cara mendidik anak 3 tahun yang tepat:

Mengajarkan anak untuk mengendalikan emosi

Memasuki usia 3 tahun anak sudah bisa mengekspresikan apa yang ia rasakan, terkadang Si Kecil akan mengeluarkan ledakan emosi yang disebut tantrum. Namun Bunda tidak perlu khawatir karena tantrum adalah suatu hal yang normal yang terjadi pada proses tumbuh kembang Si kecil. 

Pada masa ini tahapan emosi SI Kecil belum berkembang dengan baik, oleh karena itu berikanlah waktu dan perhatian yang cukup serta berikan pengertian pada Si Kecil bagaimana cara mengendalikan emosinya.

Ajarkan kedisiplinan

Cara mendidik anak usia 3 tahun adalah dengan cara mengajarkan SI Kecil kedisiplinan. Bunda bisa mengajarkan anak untuk merapikan mainannya sendiri ketika selesai digunakan, mulai mengajarkan Si Kecil untuk dapat makan sendiri dengan alat makannya dan memberikan jadwal tidur.

Ajarkan Anak untuk meminta maaf dan memaafkan.

Latihla Si kecil untuk minta maaf bila salah. Bila hal ini sulit dilakukan mungin anak belum siap. Namun sikap Anda akan menjadi teladan baginya. Jangan malu meminta maaf kepada anak bila Ayah ataupun Bunda salah.

Ajarkan untuk berbagi

Pada usia anak menginjak 3 tahun sifat egosentris sudah mulai berkurang dan sudah memiliki rasa empati serta mulai mulai memikirkan perasaan orang disekitarnya. Si Kecil sudah bisa diajarkan untuk berbagi makanan dan mainan.

Itulah beberapa cara mendidik anak usia 3 tahun yang tepat, Bunda bisa ajarkan pada Si Kecil untuk menjadi pribadi yang baik.

Comments