Manfaat Anak Aktif

anak aktif

Anak aktif

Setiap Bunda tentunya merasa repot dan kewalahan dengan tingkah laku anak yang sangat aktif. Namun bunda jangan terburu- buru merasa kesal dan marah karena tingkah laku anak aktif yang tidak bisa diam. Seharusnya Bunda bersyukur memiliki anak yang aktif karena banyak manfaat yang bisa diperoleh anak, ketika anak tidak bisa diam dan selalu melakukan aktivitas seperti berlari, meloncat atau memainkan benda apa saja yang ada di hadapannya. 

Berikut manfaat dari anak  aktif:

Membantu anak menjadi lebih cerdas

Gerakan yang dilakukan anak berdampak pada perkembangan otaknya. Gerak aktif dapat mengontrol tubuh dan postur tubuhnya yang baik. selain itu, motorik kasar dan halus anak akan terlatih dengan banyaknya gerakan yang dibuat. Kegiatan tersebut akan berdampak positif bagi perkembangan otak anak. sehingga dalam hal ini Bunda perlu mendorong anak untuk gerak aktif.

anak aktif

Lebih banyak mengenal banyak hal dan rasa ingin tahu yang tinggi

Anak yang aktif ternyata jauh memiliki pengalaman berharga, karena anak yang aktif akan menggunakan indera mereka untuk menjelajahi dunia luar. Anak yang lebih banyak mengenal dunia luar akan lebih mudah menyelesaikan tugas belajar yang lebih kompleks dan mendukung proses perkembangan kognitif dan bahasa pada anak. Bunda perlu mendampingi Si Kecil dalam bergerak aktif agar ia bisa belajar banyak hal dari interaksi antara Bunda dan Si Kecil.

Membantu anak Menjadi Lebih Bahagia

Anak yang aktif akan melakukan berbagai aktivitas, seperti meloncat, berlari yang sama halnya dengan berolahraga. Saat berolahraga serotonin dalam tubuh akan meningkat yang dapat memberikan rasa bahagia, peningkatan nafsu makan dan berkurangnya depresi. Selain itu anak yang aktif akan lebih sehat karena melakukan aktivitas dengan sendirinya.

Memudahkan anak dalam berinteraksi dan bersosialisasi

Anak yang aktif tentunya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan juga banyak melakukan komunikasi dengan sekitarnya sehingga dapat membantu anak mempermudah dalam berinteraksi dan juga bersosialisasi dengan orang lain.

Nah, Bunda memiliki anak aktif adalah anugrah yang tak terhingga karena banyak manfaat yang bisa diperoleh nantinya. Maka ketika anak berperilaku aktif bunda jangan memarahinya namun mengawasinya dan mengarahkannya mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Comments