Tips Memilih Susu untuk Bayi Usia 0-12 Bulan

 

Susu untuk Bayi Usia 0-12 Bulan

ASI atau Air Susu Ibu merupakan asupan utama terbaik bagi bayi yang berusia 0-12 bulan. Badan kesehatan dunia atau WHO juga merekomendasikan pemberian ASI eksklusif hingga si Kecil berusia 6 bulan. Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi Buah Hati, namun kenyataannya semua tidak selalu bisa terwujud. Susu untuk bayi usia 0-12 bulan akhirnya menjadi pilihan untuk memenuhi nutrisi si Kecil.

Ketika memutuskan memberikan susu untuk si Kecil maka Bunda harus cermat memilih. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar bisa menemukan susu yang tepat. Berikut ini adalah tips memilih susu yang bisa diikuti:

Sesuaikan dengan Usia Si Kecil

Kebutuhan gizi dan nutrisi anak berbeda-beda, tergantung usianya. Pada umumnya susu diformulasi sesuai usia si Kecil dengan memperhatikan kebutuhan nutrisi tersebut. Oleh sebab itu, Bunda harus mencari susu yang memang diformulasi untuk bayi usia 0-12 bulan.

Susu untuk Bayi Usia 0-12 Bulan

Perhatikan Komposisi Susu

Tips memilih susu untuk bayi usia 0-12 bulan selanjutnya yaitu dengan memperhatikan komposisi. Baca dengan cermat label komposisi yang ada pada belakang kemasan. Sebaiknya cari susu yang tanpa rasa karena susu tersebut biasanya tanpa gula. Beberapa kandungan yang penting untuk si Kecil yaitu DHA, AA, LA, Omega 6, Omega 3, dan vitamin. 

Perhatikan Jenis Protein

Karena ASI masih menjadi sumber gizi utama maka Bunda harus mencari susu dengan kandungan mendekati ASI. Susu sapi memiliki kandungan yang mendekati ASI. Jenis protein yang bagus untuk bayi adalah gabungan antara protein whey dan casein dengan rasio 60:40.

Kemungkinan Alergi

Bayi pada umumnya belum memiliki sistem kekebalan tinggi sehingga mudah alergi karena mengonsumsi susu sapi. Bunda bisa membantu meminimalisir kemungkinan alergi dengan mencari susu rendah alergen.

Itulah beberapa tips yang bisa Bunda ikuti ketika memilih susu untuk bayi usia 0-12 bulan. Setiap bayi memiliki kondisi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, akan lebih baik apabila Bunda berkonsultasi dengan dokter atau Bidan sebelum memilih susu. Bidan Sela bisa membantu Bunda memberikan saran yang tepat untuk kebaikan si Kecil.

Comments