Cara Mendidik Anak Balita Aktif yang Benar

mendidik anak balita aktif

Mempunyai anak balita yang tidak bisa diam, tentunya agak sedikit merepotkan ya bun? Sabar ya bun, karena hal itu wajar saja, pasalnya untuk anak usia 2-3 tahun, sedang masa-masanya aktif bergerak dan bereksplorasi dengan sekitarnya. Yang perlu bunda dan pasangan lakukan hanyalah mendidik anak balita aktif dengan benar.

Adapun berbagai cara yang bisa bunda terapkan dalam mendidik anak balita aktif ini, bisa disimak dibawah ini. Check this out !

Menemukan aktivitas yang membuatnya senang

mendidik anak balita aktif

Untuk menyalurkan energinya dengan baik, bunda bisa mengajak si kecil untuk beraktivitas di luar rumah. Dan usahakan aktivitasnya memang sesuai dengan apa yang disukai oleh sikecil. Misalkan saja, sesekali ajak ia main persotoan, main trampolin, berenang atau bersepeda. Bilapun tengah berada di dalam rumah, bunda bisa mencarikan aktivias yang dapat sedikit menguras energinya, seperti memberinya mainan balok yang disusun, pasir mainan yang bisa dibentuk, dan masih banyak lagi yang lainnya.  

Mengajak si kecil untuk bersih-bersih

Anak yang tidak bisa diam kemungkinan besar ia bosan dengan aktivitasnya yang itu-itu saja. Untuk itu bunda tidak ada salahnya untuk mengajak ia bersih-bersih rumah sesekali. Tak perlu khawatir akan tangannya yang kotor karena nanti juga bisa dicuci kembali, justru dengan membiarkan sikecil bersih-bersih akan menyalurkan energi aktifnya dengan lebih baik. Namun perlu diingat ya bunda, tetap awasi anak bunda selagi bersih-bersih, baik itu sedang membantu memungut kertas-kertas kecil yang berserakan, karena takut tangan mungilnya memasukan benda asing kedalam mulutnya.  

Bantu temukan hobi anak

Dengan menemukan minat dan hobi anak, tentunya akan menjadi salah satu cara mendidik anak balita aktif termudah, agar anak anda diam dan focus. Dan tentunya cara ini juga otomatis akan membuat anak anda menjadi lebih produktif, dan bisa melatih kemampuan fisik serta kecerdasan otaknya. Untuk itu bunda coba terus eksplor apa yang membuat sikecil senang bisa dengan mengenalkannya kepada berbagai alat instrument musik, kegiatan olahraga, art & craft, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Comments