Bidan Sela Terdekat di Margaasih

Terdekat di bandung Ramah, Bersih dan Nyaman

Inilah Makanan Bayi Sesuai Usia yang Perlu Bunda Pahami

Makanan bayi sesuai usia

ASI atau Air Susu Ibu direkomendasikan WHO untuk diberikan pada si Kecil hingga usia 6 bulan. Jika si Kecil sudah memasuki usia 4 bulan maka Bunda bisa memberikan makanan pendamping untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Namun Bunda harus cermat dalam memberikan makanan bayi karena kebutuhan bayi yang tidak seperti orang dewasa atau anak-anak di atas 2 tahun. Berikut ini petunjuk pemberian makanan bayi sesuai usia:

Bayi Usia 4-6 Bulan

Bayi yang berusia 4-6 bulan masih menjadikan ASI sebagai sumber nutrisi utama dan makanan sebagai pendamping. Makanan pertama yang bisa dikenalkan adalah bubur sereal yang bertekstur lembut. Bunda juga bisa memberikan bubur yang terbuat dari apel, pisang, pepaya dan ubi yang telah diblender lembut. Perkenalkan secara perlahan dengan memberikan 1 sendok terlebih dahulu.

Makanan bayi sesuai usia

Bayi Usia 6-8 Bulan

Bayi yang berada di rentang usia 6-8 bulan biasanya sudah bisa duduk tanpa bantuan. Bunda sudah bisa memberikan makanan baru apabila kemampuan si Kecil meningkat. Sebagai contoh yaitu buah dan sayur yang diblender atau dihaluskan. Beberapa pilihan lain seperti kacang merah, edamame, bubur dari tahu, dan lain sebagainya.

Bayi Usia 8-10 Bulan

Memilih makanan bayi sesuai usia memang harus cermat dan teliti. Pada usia 8-10 bulan, bayi biasanya sudah bisa mengunyah makanan dengan tekstur lebih kasar. Sekarang Bunda tidak perlu menjadikan makanan bubur, cukup haluskan saja. Bunda juga sudah bisa memberikan bagian kuning telur pada si Kecil dan wortel serta ubi yang telah dimasak.

Bayi Usia 10-12 Bulan

Memasuki usia 1 tahun sejak kelahirannya, bayi pada umumnya sudah mampu mengonsumsi makanan orang dewasa. Namun Bunda perlu memberikan dalam potongan yang kecil saja sehingga mudah dikunyah dan ditelan. Setelah bayi berusia 1 tahun, Bunda disarankan untuk memberikan susu sapi dan madu untuk meningkatkan imun dan membantu tumbuh kembangnya.

Itulah petunjuk pemberian makanan bayi sesuai usia yang penting untuk Bunda ketahui. Sesuaikan juga pemberian makanan tersebut dengan kemampuan si Kecil dalam mengunyah dan menelan. Agar lebih aman, Bunda bisa berkonsultasi dengan Bidan Sela mengenai pilihan makanan serta porsinya. Website Bidan Sela yaitu www.bidansela.com.

0 Response to "Inilah Makanan Bayi Sesuai Usia yang Perlu Bunda Pahami"

Post a Comment