Ketahui Perkembangan Janin dalam Setiap Trimester Kehamilan

perkembangan janin


Kehamilan merupakan suatu anugerah yang selalu ditunggu oleh pasangan yang sudah menikah. Oleh karena itu, mengetahui kondisi dan perkembangan janin yang sedang dikandung merupakan hal menyenangkan. Usia kehamilan seorang wanita biasanya selama 40 minggu, namun setiap ibu hamil memiliki masa mengandung yang berbeda-beda ya bunda.

Ikuti Perkembangan Janin Bunda

Secara umum, usia kehamilan seorang wanita dibagi menjadi tiga tahap trimester. Trimester pertama merupakan masa awal kehamilan dengan usia 1-12 minggu. Trimester dua merupakan masa pertengahan pada minggu ke 13-27 kehamilan, dan trimester ketiga merupakan masa akhir kehamilan dimana pada tahap ini janin telah siap untuk dilahirkan. Untuk lebih mengetahui perkembangan janin bunda secara lebih jelas, simak penjelasan berikut ini.

perkembangan janin


1. Trimester Pertama (1-12 Minggu)

Pada bulan pertama kehamilan sel darah akan terbentuk seiring dengan berkembangnya ratusan sel hingga muncul sirkulasi darah. Pada bulan kedua janin sudah mulai terbentuk tangan dan kakinya. Pada bulan selanjutnya janin akan berukuran sekitar 3 cm dan telah melewati masa kritis pembentukan organ tubuh. Tahukah Bunda, otak bayi akan berkembang dengan pesat pada minggu kesebelas dan di minggu kedua belas alat kelamin janin akan terbentuk. Pada trimester awal, Bunda disarankan untuk mengurangi aktivitas berat dan melakukan istirahat dengan cukup.

2. Trimester Kedua (13-27 Minggu)

Pada tahap ini, janin sudah lebih kuat dengan berat mencapai 42 gram dan panjang 9 cm. Tulang janin akan semakin mengeras dan disertai dengan kemampuan mendengarnya yang meningkat. Mulai minggu ke-14 janin akan dapat mendeteksi adanya cahaya dan diikuti dengan kemampuan janin untuk mendengar suara Bunda lho. Pada minggu ke-26 dan 27 janin akan mampu membuka dan menutup mata. Bunda juga akan dapat merasakan cegukan calon buah hati di dalam perut Bunda.

3. Trimester Ketiga (28-40 Minggu)

Pada trimester ketiga, berat bayi akan terus bertambah disertai dengan penumbuhan rambut, bulu mata, serta kuku. Tendangan bayi juga akan terasa semakin kuat dan mungkin seringkali membuat Bunda merasa sesak napas. Pada minggu ke 36 bayi posisi bayi akan semakin turun ke panggul hingga pecahnya ketuban pada minggu ke-39 yang menandakan calon buah hati siap untuk dilahirkan.

Nah, itulah tahap perkembangan janin yang selalu dinanti hingga kelahirannya ya Bunda. Selama masa kehamilan, selalu usahakan pola hidup sehat agar janin dapat terlahir dengan keadaan sehat dan kuat. Lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter serta USG agar Bunda selalu bisa mengawasi perkembangan calon buah hati tersayang.

Comments